sebagai bentuk kepedulian Polri terhadap masyarakat yang memerlukan bantuan
Kendari (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara melakukan penyembelihan sebanyak 128 ekor sapi kurban dan satu ekor kambing pada perayaan Idul Adha 1444 Hijriah.

"Polda Sultra berkontribusi dengan menyembelih 128 ekor sapi dan 1 ekor kambing pada Idul Adha tahun ini," kata Wakapolda Sultra Brigjen Pol Dwi Iriyanto di Kendari, Kamis.

Polda Sulawesi Tenggara melaksanakan tradisi penyembelihan hewan kurban setelah pelaksanaan shalat Idul Adha di Lapangan Apel Presisi Mapolda Sultra yang dilanjutkan dengan halal bi halal.

"Selama acara tersebut juga dilakukan penyembelihan hewan kurban dan penyerahan daging kurban secara simbolis kepada masyarakat," ujar Brigjen Iriyanto.

Baca juga: Sultra dapat satu ekor sapi kurban dari Presiden
Baca juga: Plh Wali Kota Kendari ajak warga berkurban


Brigjen Iriyanto menerangkan dari ratusan hewan kurban tersebut, 26 ekor sapi di antaranya diserahkan kepada Basarnas Kendari, Pondok Pesantren, dan sejumlah masjid di Kota Kendari dan Kabupaten Konawe Selatan, serta masyarakat di daerah Gunung Jati Kendari.

"Selain itu ada 81 ekor sapi disembelih di Mako Brimob Polda Sultra dan 21 ekor sapi disembelih di Mako Polda Sultra.

Lebih lanjut Kombes Iriyanto mengatakan selain Polda Sultra, Polres jajaran juga melakukan penyembelihan hewan kurban sebanyak 144 ekor sapi.

Menurutnya penyembelihan hewan kurban merupakan bagian penting dari perayaan Idul Adha di Indonesia. Hewan-hewan tersebut disembelih sebagai bentuk pengorbanan yang mengikuti teladan Nabi Ibrahim yang bersedia mengorbankan putranya, Ismail, atas perintah Allah SWT.

"Dalam menjalankan tradisi ini, Polri termasuk Polda Sultra turut serta dalam menyumbangkan hewan kurban untuk mempererat hubungan dengan masyarakat serta berbagi kebahagiaan di hari yang istimewa ini," tutur dia.

Baca juga: Polda Metro salurkan 11 ton rendang hasil olahan daging kurban
Baca juga: Polda Jatim bagikan daging kurban dari pintu ke pintu


Polda Sultra juga berupaya memastikan distribusi daging kurban yang merata dan mencakup berbagai lapisan masyarakat. Dalam hal ini, mereka menyerahkan sebagian hewan kurban kepada lembaga seperti Basarnas, pondok pesantren, masjid, dan masyarakat di daerah tertentu.

"Langkah ini diambil untuk memastikan bahwa manfaat dari kurban dapat dirasakan oleh masyarakat sekitar yang membutuhkan, serta sebagai bentuk kepedulian Polri terhadap masyarakat yang memerlukan bantuan," demikian Brigjen Iriyanto.

Baca juga: Polri distribusikan 9.300 hewan kurban dan 10 ton rendang
Baca juga: Presiden Jokowi dan Polri sumbang sapi kurban Masjid KH Hasyim Asy'ari

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023