Jakarta (ANTARA) - Petenis Indonesia Muhammad Rifqi Fitriadi fokus berburu gelar turnamen internasional sebelum mengikuti Asian Games Hangzhou yang akan berlangsung pada September mendatang.

Rifqi, yang baru saja meraih gelar turnamen Federasi Tenis Internasional perdananya untuk level M15, mengatakan selanjutnya akan mengikuti turnamen berlevel M25.

"Selanjutnya, big goal-nya di Asian Games, nanti sebelum Asian Games ada sasaran lainnya yaitu M25 di bulan Agustus, terus di Hong Kong atau di Thailand, terus Davis Cup, baru ke Asian Games," ujar Rifqi di Lapangan Tenis Hotel Sultan Jakarta, Minggu.

Langkah tersebut merupakan bagian dari upaya peraih emas tunggal putra SEA Games 2023 Kamboja itu untuk mencapai target menembus peringkat 500 ATP pada akhir tahun ini.

Baca juga: Petenis Rifqi Fitriadi selangkah lagi raih gelar ITF perdana 

Gelar ITF perdana Rifqi pada seri ketiga Harum Energy Mens World Tennis Tour 2023 akan meningkatkan peringkatnya yang kini berada di 695 dunia.

Salah satu turnamen internasional yang akan diikuti Rifqi bakal digelar di Jakarta. Hal itu disambut baik oleh Ketua Bidang Perwasitan dan Kepelatihan PP Pelti Susan Soebakti.

"Dengan banyak turnamen ini tentunya menambah jam terbang mereka, menambah poin peringkat mereka di internasional secara profesional juga," kata Susan, yang juga merupakan direktur turnamen Harum Energy Mens World Tennis Tour 2023.

Baca juga: Rifqi Fitriadi ke babak kedua seri III Harum Energy World Tennis 2023

Senada dengan Susan, Sekjen Pengurus Pusat Persatuan Tenis Seluruh Indonesia (PP Pelti) Hasbullah Tahir melihat digelarnya turnamen tenis internasional di Jakarta sesuai dengan visi dan misi PP Pelti untuk membawa tenis Indonesia ke kancah dunia.

"Keikutsertaan swasta dalam hal ini sangat kita harapkan, tentunya dengan makin banyak turnamen internasional kita berharap peran swasta dalam hal ini mungkin lebih banyak lagi agar supaya peringkat-peringkat pemain kita ini bisa lebih baik lagi ke depan," ujar Hasbullah.

"Terutama kalau kita lihat persiapan kita di Asian Games nanti, turnamen-turnamen seperti ini sangat kita butuhkan. Tentunya dari pihak PP Pelti akan selalu berusaha berkolaborasi dengan baik, memfasilitasi semua turnamen-turnamen agar lebih bisa lagi bergeliat, bukan cuman di Jakarta, tapi juga kota-kota besar lainnya."

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023