Jakarta (ANTARA) - Pengurus Pusat Persatuan Tenis Seluruh Indonesia (PP Pelti) telah mempersiapkan program untuk menghadapi ajang olahraga Asian Games Hangzou yang akan berlangsung pada September.

Sekretaris Jenderal PP Pelti Hasbullah Tahir saat ditemui usai final seri ketiga Harum Energy Men's World Tennis Tour 2023, Minggu, mengatakan bahwa saat ini para atlet sudah memasuki tahap latihan.

"Karena untuk Asian Games ini sudah terjaring atletnya, yaitu pada saat SEA Games kemarin. Jadi kita sekarang ini dalam tahap meneruskan dan mempersiapkan," kata Hasbullah kepada Antara di lapangan tenis Hotel Sultan Jakarta.

"Dan, bersyukur bahwa kemarin kita sudah MoU dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga untuk pembiayaan Asian Games ini."

Selain melakukan pelatihan, PP Pelti juga mendukung para atlet untuk mengikuti tur turnamen tenis di luar negeri menjelang Asian Games.

"Mudah-mudahan pada saat Asian Games nanti, pemain-pemain kita yang putri ini, terutama Aldila, dan kawan-kawan yang touring di luar negeri, pulang nanti mendapatkan peak performance yang top," ujar Hasbullah.

Baca juga: Rifqi Fitriadi fokus berburu gelar internasional sebelum Asian Games

Pada Asian Games seri sebelumnya yang digelar di Palembang-Jakarta 2018, Indonesia meraih satu medali emas dari lima nomor yang dipertandingkan.

Satu-satunya medali yang didapatkan tim Merah Putih itu datang dari Aldila Sutjiadi dan Christopher Rungkat di nomor ganda campuran.

China menjadi kompetitor terkuat dengan keluar sebagai juara umum cabang olahraga tenis Asian Games sebelumnya dengan perolehan dua emas dan dua perak.

India juga patut diwaspadai karena berhasil meraih satu emas dan dua perunggu. Demikian pula dengan Uzbekistan yang menggondol satu emas dan satu perak, juga Kazakhstan yang membawa pulang satu perak dan dua perunggu, selain Jepang yang merebut dua perunggu dalam Asian Games 2018.

Keberhasilan timnas tenis Indonesia sebagai juara umum pada SEA Games 2023 Kamboja diharap menjadi bahan bakar untuk menyulut semangat para atlet di Asian Games Hangzhou.

Pada SEA Games 2023 timnas tenis Indonesia berhasil meraih empat medali emas, dua perak, dan tiga perunggu.

Baca juga: Petenis Rifqi Fitriadi selangkah lagi raih gelar ITF perdana 
Baca juga: Petenis Jepang dominasi pekan ketiga Harum Energy Tennis Tour 2023

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023