Jakarta (ANTARA) - Novak Djokovic melaju ke babak keempat Wimbledon untuk ke-15 kalinya seusai mengalahkan rival lamanya Stan Wawrinka di penghujung malam, Jumat waktu setempat.

Djokovic, yang mengejar gelar Wimbledon kedelapan yang menyamai rekor dan mahkota Grand Slam ke-24 dalam kariernya, menang 6-3, 6-1, 7-6 (7/5) melawan Wawrinka yang berusia 38 tahun.

Petenis nomor dua dunia Djokovic akan menghadapi petenis Polandia Hubert Hurkacz, yang telah dia kalahkan lima kali dalam banyak pertemuan, untuk memperebutkan satu tempat di perempat final.

Kemenangan Jumat malam itu adalah yang ke-21 bagi Djokovic dalam 27 pertemuan dengan Wawrinka, juara major tiga kali yang terkenal mengalahkan petenis Serbia itu di final French Open 2015 dan final US Open 2016.

Djokovic tidak pernah menghadapi break point di bawah atap Centre Court dan menyelesaikan kemenangan hanya 15 menit sebelum jam malam All England Club pukul 23.00 berlaku -- jika tidak, mereka harus melanjutkan pertandingan pada hari Sabtu.

"Stan melakukan pekerjaan luar biasa untuk usianya - kami adalah dua orang tua," kata Djokovic yang berusia 36 tahun, seperti disiarkan AFP, Sabtu.

"Kami telah mengalami pertempuran hebat selama bertahun-tahun. Saya menghormatinya sebagai pemain dan mencintainya sebagai pribadi. Dia pria yang sangat baik."

Kemenangan Djokovic membuatnya berada di jalur untuk melawan petenis nomor satu dunia dan juara US Open Carlos Alcaraz yang mengalahkan peringkat 84 asal Prancis Alexandre Muller 6-4, 7-6 (7/2), 6-3.

Alcaraz yang berusia 20 tahun akan menghadapi Nicolas Jarry dari Chile untuk memperebutkan satu tempat di babak 16 besar.

Sementara itu, unggulan ketiga putra Daniil Medvedev kembali untuk menyelesaikan pertandingan babak kedua melawan Adrian Mannarino, petenis Prancis yang mengalahkannya di Wimbledon lima tahun lalu.

Petenis Rusia itu unggul dua set dan unggul 4-4 ketika permainan dihentikan pada Kamis (6/7), tetapi dengan cepat meraih kemenangan dalam tie-break set ketiga.

Unggulan keenam asal Denmark Holger Rune mencapai babak ketiga untuk pertama kalinya, menyisihkan petenis Spanyol Roberto Carballes Baena 6-3, 7-6 (7/3), 6-4.

Unggulan ketujuh Andrey Rublev dari Rusia dan unggulan kedelapan dari Italia Jannik Sinner melaju ke babak 16 besar dengan kemenangan masing-masing atas David Goffin dan Quentin Halys.


Baca juga: Aldila Sutjiadi/Miyu Kato atasi rintangan babak pertama Wimbledon
Baca juga: Alcaraz melenggang mulus ke babak ketiga Wimbledon
Baca juga: Bertabur bintang, David Beckham hingga Katy Perry hadir di Wimbledon
Baca juga: Medvedev tersentuh dengan sambutan penggemar Wimbledon

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023