Guru besar merupakan jabatan tertinggi dalam gelar akademik. Makna sebenarnya dari guru besar bukan berasal dari gelar namun dari apa yang bisa mereka buat
Pekanbaru (ANTARA) - Universitas Riau (Unri) mengukuhkan empat guru besar di bidang teknik kimia di Fakultas Teknik Unri sehingga kini menjadi 94 orang.

"Guru besar merupakan jabatan tertinggi dalam gelar akademik. Makna sebenarnya dari guru besar bukan berasal dari gelar namun dari apa yang bisa mereka buat," kata Rektor Unri Prof Dr Sri Indarti SE MSi dalam keterangannya di Pekanbaru, Minggu.

Ia mengatakan, keutamaan guru besar adalah kemampuan mencetak karya-karya yang baik untuk kemaslahatan umat manusia dan alam semesta.

Dengan dikukuhkannya empat guru besar ini, UNRI memiliki tambahan sumber daya manusia (SDM) yang sudah sangat teruji kapasitas keilmuannya dan mendukung keberadaan Unri semakin diakui dan berdampak positif pada peningkatan kualitas serta akan lebih mendorong perguruan tinggi ini mencapai cita-cita menuju universitas kelas dunia.

"Guru besar Unri bertambah empat orang lagi dengan harapan mampu mendukung atmosfer pendidikan di lingkungan kampus dan menjadikan Unri sekaligus sebagai perguruan tinggi yang komprehensif," katanya.

Ia menjelaskan, bahwa pengembangan tri dharma perguruan tinggi diproyeksikan akan lebih mumpuni melalui penambahan empat orang guru besar ini. Perguruan tinggi yang komprehensif adalah perguruan tinggi yang tidak hanya bagus dan unggul di bidang pembelajaran tetapi juga bagus di bidang riset dan pengembangan ilmu pengetahuan serta inovasi.

Akan tetapi, katanya. menjadi guru besar tentu akan semakin besar amanahnya, terutama perihal pengembangan komunitas pendidikan di berbagai lini. Jabatan guru besar pun kerap dianggap sebagai insan terdidik yang mampu menjadi sumber rujukan bagi kajian ilmu tertentu.

"Maka seorang pendidik harus memegang teguh tanggung jawab tersebut. Dengan jabatan guru besar ada kewenangan-kewenangan tertentu yang sudah dipegang. Termasuk di dalamnya melakukan riset, bimbingan, dan pengujian terhadap calon-calon akademia," katanya.

Ia menjelaskan, dari 94 guru besar yang ada, yakni berasal dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)  Unri 20 orang, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unri  6 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unri  13 orang, Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK) Unri  20 orang, Fakultas Pertanian (FP) Unri  5 orang, Fakultas Teknik (FT) Unri  14 orang, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unri  15 orang, dan Fakultas Kedokteran (FK) Unri  1 orang.

Sedangkan empat guru besar yang baru dikukuhkan adalah Prof Evelyn ST MSc PhD  dalam bidang teknik kimia pada Fakultas Teknik Unri , Prof Dr Padil ST MT  dalam bidang teknik kimia pada Fakultas Teknik Unri , Prof Dr Sunarno ST MT dalam bidang teknik kimia pada Fakultas Teknik Unri , dan Prof Ahmad Fadli ST MT PhD  bidang teknik kimia pada Fakultas Teknik Unri

Baca juga: Rektor Ubhara raih gelar guru besar dari Universitas Mindanao Filipina
Baca juga: Guru Besar FTUI kaji pirolisis untuk industri kimia berbasis biomassa
Baca juga: Untag Surabaya kukuhkan guru besar bidang Ilmu Akuntansi

Pewarta: Frislidia
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023