Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung menggandeng Blibli meluncurkan Kabandungshop.com untuk memasarkan produk IKM asli dan berkualitas.

Pemberdayaan IKM (Industri Kecil Menengah) di Kabupaten Bandung sejalan dengan optimisme pemerintah yang mengatakan usaha ekonomi berbasis kerakyatan mampu menyerap 97 persen dari total angkatan kerja nasional, serta menghimpun hingga 60,4 persen dari total investasi di Indonesia.

Di Jawa Barat sendiri, IKM tercatat terus memegang peran strategis dalam pembangunan ekonomi daerah, yakni kontribusinya pada Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) mencapai 57,14 persen pada tahun 2022. Bahkan di Kabupaten Bandung, kehadiran produk-produk IKM sangat terasa kontribusinya dalam mendorong Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) setempat, dari sebelumnya -1,87 persen di masa pandemi COVID-19 menjadi 5,62 persen saat ini.

Pemkab Bandung menyadari bahwa guna mendorong pertumbuhan IKM Bandung diperlukan akses ke pemasaran digital dengan mitra yang memiliki pengalaman, pengetahuan dan tim yang berdedikasi pada penguatan produk lokal. Sehingga pada akhirnya IKM Bandung dapat membangun bisnis yang berkelanjutan dan berdaya saing di pasar.

Baca juga: Blibli-Greeners.co ajak penikmat musik lakukan aksi darurat sampah

Baca juga: Bliblimart luncurkan kampanye "Dihitung-hitung Pasti Untung"


Oleh sebab itu, pemerintah Kabupaten Bandung, bekerjasama dengan PT Global Digital Niaga, Tbk, Blibli dan Kabandung Creative Hub (KBCH) dalam mengkurasi IKM terpilih se-Kabupaten Bandung yang saat ini dapat ditemui di laman khusus kabandungshop.com.

Peluncuran Kabandungshop.com dilaksanakan pada 13 Juli 2023 di mana laman khusus tersebut tersambung dengan ekosistem omnichannel commerce Blibli dan menawarkan kurasi berbagai produk kuliner, makanan kemasan, dan fesyen berkualitas yang 100 persen asli buatan para pelaku IKM di Kabupaten Bandung.

“Mewakili Pemerintah Kabupaten Bandung, saya sangat mengapresiasi dukungan nyata Blibli terhadap perkembangan sektor IKM di Tanah Pasundan. Kolaborasi yang dilakukan bersama Blibli selaras dengan salah satu dari tiga pilar utama pembangunan IKM Kabupaten Bandung, yakni peningkatan kapasitas,” kata Bupati Bandung, DR.H.Dadang Supriatna S.Ip,M.Si dalam siaran resminya, Jumat.

“Diharapkan lewat peluncuran laman khusus Kabandungshop.com, dukungan transfer pengetahuan dan pengalaman dari Blibli, dan dukungan promosi, memungkinkan para IKM di Kabupaten Bandung mampu mengatasi berbagai tantangan yang kerap menghambat laju mereka, seperti pengelolaan usaha yang masih tradisional dan rendahnya literasi pemasaran digital,” sambungnya.

Sementara itu Merchandising Lead Lifestyle Blibli Jawa Barat, Rafido Alvano Wijaya menambahkan bahwa sinergi Blibli dengan Pemerintah Kabupaten Bandung dan Kabandung Creative Hub (KBCH) ini diperkuat dengan kemudahan fitur-fitur yang ada di Blibli seperti pengiriman cepat dan gratis ongkir, jadi konsumen bisa mendapatkan produk pilihan mereka dengan lebih cepat dan terjangkau melalui dukungan ekosistem omnichannel perseroan yang kuat dan inklusif.

“Dengan semakin banyak produk lokal yang bergabung di Kabandungshop.com, maka hal ini sejalan dengan strategi hyperlocal Blibli di area Jawa Barat. Di mana Blibli bersama masyarakat Bandung turut berkontribusi pada pertumbuhan IKM setempat serta mewujudkan pertumbuhan ekonomi lokal yang inklusif dan memiliki resiliensi tinggi,” terangnya.

Baca juga: Blibli Pay Day bantu lengkapi kebutuhan di akhir bulan 

Baca juga: Jelang akhir libur sekolah, Blibli hadirkan Promo Double Day 7.7

Baca juga: Blibli sediakan produk dan jasa pergudangan bersertifikasi halal


Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023