Jakarta (ANTARA) - PT Jakarta Infrastruktur Propertindo (JIP), anak usaha dari Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Jakarta Propertindo (Jakpro), berupaya untuk mewujudkan kota pintar (smart city) dengan melakukan penerapan teknologi 5G Smart Pole di wilayah DKI Jakarta.

5G Smart Pole merupakan konsep penggabungan antara sarana jaringan utilitas terpadu (SJUT) dengan teknologi jaringan 5G. Tiang lampu jalan ini dilengkapi dengan perangkat keras dan lunak yang memungkinkannya menjadi pusat konektivitas kuat berbasis fiber optik melalui SJUT.

"Dengan penerapan 5G Smart Pole nantinya diharapkan Jakarta akan memiliki jaringan konektivitas internet yang cepat dan stabil," kata General Manager Corporate Secretary & Legal JIP Aji Rizqi Yodhana dalam keterangan persnya di Jakarta, Selasa.

Lebih lanjut, Aji menjelaskan bahwa 5G Smart Pole memberikan konektivitas internet berkecepatan tinggi sehingga pengguna dapat mengakses informasi secara instan.

Baca juga: Jakpro-Pasar Jaya sepakati Pasar Kramat Jati untuk lokasi proyek FPSK

Dia mencontohkan, warga kota nantinya dapat dengan mudah menggunakan aplikasi transportasi pintar untuk mengetahui jadwal bus atau mendapatkan petunjuk arah secara waktu nyata (real-time).

Tak hanya terkait dengan konektivitas, 5G Smart Pole juga memiliki sejumlah keunggulan lainnya termasuk mendeteksi kepadatan lalu lintas, tingkat polusi udara, tingkat kebisingan, suhu, dan sebagainya melalui dukungan sensor pintar.

Selain itu, 5G Smart Pole dapat memproses data secara langsung atau tanpa mengandalkan koneksi jarak jauh yang penggunaannya bermanfaat dalam situasi darurat. Sebagai contoh, 5G Smart Pole mendeteksi kecelakaan lalu lintas dan mengirimkan informasi tersebut ke pusat kendali untuk tindakan segera.

"Sebagai solusi inovatif dan dengan berbagai contoh penerapannya, 5G Smart Pole diharapkan dapat memberikan solusi bagi masyarakat untuk meningkatkan konektivitas, memungkinkan penggunaan sensor pintar, dan mengolah data di tempat," kata Aji.

JIP mengungkapkan bahwa pihaknya akan melakukan penerapan dan pengembangan teknologi 5G Smart Pole secara meluas. JIP menyiapkan 5G Smart Pole yang akan terintegrasi dengan sistem manajemen lalu lintas, parkir pintar, iklan digital (digital advertising), dan sistem pemantauan keamanan.

Menurut JIP, 5G Smart Pole akan dipasang di berbagai lokasi strategis seperti pusat kota, stasiun kereta, pusat perbelanjaan, dan area padat penduduk lainnya. Dalam rencana implementasi 5G Smart Pole, JIP melibatkan kolaborasi dengan penyedia layanan telekomunikasi, produsen teknologi, dan sektor swasta lainnya.

"Dengan rencana implementasi yang komprehensif, kami percaya bahwa penerapan 5G Smart Pole dapat membangun kota-kota cerdas yang lebih efisien, aman, dan nyaman bagi warganya di masa depan, terutama bagi warga ibukota Jakarta khususnya," pungkas Aji.

Baca juga: Percepatan Implementasi 5G dinilai akan tingkatkan PDB nasional

Baca juga: Telkomsel dukung uji coba inovasi "telesurgery" pertama di Indonesia

Baca juga: Jakpro tegaskan fasilitas pendukung JIS siap digunakan

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023