Bengaluru (ANTARA) - Saham di bursa Inggris dibuka lebih rendah pada perdagangan Jumat, dengan perusahaan pertambangan turun dan WPP jatuh setelah mengurangi prospek setahun penuh, dan berada di jalur untuk membukukan kerugian mingguan pertama dalam empat pekan.

Pada pukul 07.13 GMT, indeks saham-saham unggulan atau blue-chips FTSE 100 yang berorientasi ke pasar luar negeri tergelincir 0,1 persen, sedangkan indeks saham-saham berkapitalisasi sedang atau mid-caps FTSE 250 yang lebih fokus di dalam negeri diperdagangkan datar.

WPP terpangkas 5,7 persen setelah grup periklanan terbesar di dunia itu menurunkan perkiraan pertumbuhan like-for-like setahun penuh menjadi 1,5 persen-3,0 persen dari 3,0 persen-5,0 persen.

Indeks media yang lebih luas merosot 1,0 persen.

Baca juga: Saham Inggris terus melemah, indeks FTSE 100 merosot 0,43 persen

Penambang logam industri kehilangan 0,7 persen karena harga tembaga diperdagangkan dalam kisaran yang ketat.

FTSE 100 yang berfokus secara internasional menuju kerugian mingguan karena saham terguncang minggu ini dari pendapatan yang suram dan penurunan peringkat kredit AS yang mengejutkan.

Capita merosot 8,3 persen setelah perusahaan outsourcing itu mengatakan pihaknya memperkirakan biaya luar biasa (exceptional costs) bersih naik hingga 20-25 juta pound (31,8 juta dolar AS) terkait dengan insiden dunia maya pada Maret tetapi grup tersebut mempertahankan prospek pendapatan setahun penuhnya.

Baca juga: Saham Inggris dibuka lebih rendah jelang keputusan BoE

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023