Jakarta (ANTARA) -
Gabriel Hansel Hari menjadi pegolf Indonesia dengan posisi terbaik di klasemen putaran ketiga Mandiri Indonesia Open yang berlangsung di Pondok Indah Golf Course, Jakarta, Sabtu.
 
Hansel mencatatkan 70 pukulan yang membuatnya mengoleksi total  208 pukulan setelah memainkan tiga putaran. Dengan catatan itu, Hansel berhak menghuni posisi T22 dengan skor 8 under.
 
Posisi T22 dihuni total tujuh pegolf. Semua pegolf di posisi itu berstatus profesional, kecuali Hansel.
 
"Tadi permainan saya cukup bagus, Puji Tuhan. Di sembilan hole pertama aku sudah under dua. Tadi startnya lumayan strong. Setelah itu di back nine ada kecelakaan sedikit di hole 15-16, cuma finisnya di hole 17-18 bisa bangkit. Jadi secara keseluruhan bagus," kata Hansel saat ditemui setelah menyelesaikan permainannya.
 
Hansel masih berpeluang mendongkrak posisinya pada putaran terakhir yang berlangsung Minggu (6/8). Ia pun bertekad tampil sedikit lebih agresif pada hari terakhir penyelenggaraan Mandiri Indonesia Open 2023. 
 
"Tidak ada penggantian game plan. Besok maupun hari ini sama saja. Besok soalnya sudah hari terakhir dan pemuncak klasemen masih jauh, jadi ya harus attack lebih banyak," ucap Hansel yang pada Juli menjuarai ajang Medco-Pondok Indah Amateur Golf Championship itu.
 
Meski di turnamen ini menjadi pegolf Indonesia dengan posisi terbaik di Mandiri Indonesia Open, Hansel tidak merasa jemawa dan hanya fokus pada penampilan terbaiknya.
 
"Saya berusaha sebaik mungkin saja. Saya tidak ada ekspektasi untuk mengalahkan pemain-pemain Indonesia yang lain," pungkas Hansel.
 
Baca juga: Nitithorn Thippong kuasai klasemen putaran tiga Mandiri Indonesia Open

Selain Hansel, para pegolf Indonesia lainnya yang lolos cut off berada di posisi T46 ke bawah.
 
Wakil Indonesia di T46 adalah Jonathan Wijono dengan total 212 pukulan atau 4 under setelah memainkan tiga putaran.
Pegolf Indonesia Jonathan Wijono (ANTARA/RAUF ADIPATI)
 
"Kalau hari ini lebih banyak eksekusi yang kurang bisa sesuai dengan yang saya inginkan. Jadi tidak sesuai dengan game plan, eksekusinya kurang. Kurang bagus tapi tidak apa-apa masih ada besok," yakin Jonathan.
 
Jonathan pada putaran kedua sempat menyodok ke posisi kedua dengan delapan under di putaran itu. Dengan demikian, ia pun optimistis bahwa perjuangannya akan membuahkan hasil optimal.
 
"Optimis sih sangat optimis karena sudah sempat membuktikan ke diri saya sendiri bisa bermain under 8 kan. Jadi ya kita lihat besok," tambahnya.
 
Selain Hansel dan Jonathan, tiga pegolf Indonesia lainnya yang berhasil lolos cut off, yakni Kevin Akbar, Nasin Surachman, dan Elki Kow tercecer cukup jauh di bagian bawah klasemen.
 
Kevin berada di posisi T58 dengan 1 under, Nasin di posisi T62 dengan 1 over, sedangkan Elki yang sempat menggebrak pada putaran pertama, justru harus puas berada di posisi ke-65 dengan 6 over.

Baca juga: Lima pegolf Indonesia lolos cut off Mandiri Indonesia Open 2023
Baca juga: MJ Viljoen puncaki klasemen putaran kedua Mandiri Indonesia Open

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023