London (ANTARA News) - Madonna menjual lukisan abstrak karya seniman Prancis Fernand Leger senilai 7 juta dolar.

Sang penyanyi menjual lukisan "Trois Femmes a la table rouge" untuk proyek edukasi anak perempuan di Afghanistan, Pakistan, dan negara lain  tempat perempuan jarang mendapat kesempatan belajar.

Gerakan itu mulai dilakukan saat Madonna berada di Malawi, Afrika bagian selatan, tempat asal dua anak adopsinya.

Di sana, Madonna ingin membangun 10 sekolah tapi  kontroversi soal dana dan kesalahan manajemen membuat sekolah bagi 400 anak perempuan itu tahun lalu pun gagal .

Madonna (54) menjual lukisan buatan 1921 yang dibelinya lewat lelang tiga belas tahun lalu. Hasil penjualan itu akan diserahkan ke Yayasan Ray of Lights.

"Saya tidak bisa terima ada dunia tempat para perempuan terluka, ditembak, atau dibunuh karena bersekolah atau mengajar di sekolah putri," kata Madonna dalam  pernyataan.

"Saya ingin menukar sesuatu yang punya harga dengan yang tidak ternilai - Mengajari Perempuan!"

Lukisan itu akan dilelang di Sotheby di New York dalam sale Impressionist and Modern Art pada 7 Mei.

Madonna bukanlah satu-satunya bintang yang berusaha meningkatkan pendidikan perempuan di negara berkembang.

Baru-baru ini, aktris Angelina Jolie membuka sekolah putri di Afghanistan dan mengumumkan rencana untuk menggalang dana lebih banyak dengan menjual lini perhiasan, seperti dikutip dari Reuters.

Oprah juga terlibat dalam pembangunan sekolah di Afrika Selatan meskipun proyek itu mengalami masalah karena seorang staf ditahan atas tuduhan pelecehan pada murid.

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013