Kita lakukan selama satu menit dengan 25 personel
Jakarta (ANTARA) -
Petugas menghentikan ratusan kendaraan yang melintas di Jalan Bypass, tepatnya pada perempatan lampu merah Jalan Pemuda, Rawamangun, Jakarta Timur, untuk mengheningkan cipta dalam rangka memperingati HUT Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia, Kamis pagi.
 
Petugas Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur bersama jajaran Polantas Polres Jaktim meminta pengendara yang melintas dari arah Jalan Pemuda menuju Jalan Pramuka dan sebaliknya serta Jalan DI Panjaitan menuju Jalan Pemuda untuk menghentikan kendaraannya selama satu menit.
 
Selama mengheningkan cipta yang dimulai pukul 10.00 WIB, petugas membunyikan sirine dan klakson sebagai simbol penghormatan.

Kegiatan yang berlangsung khidmat itu dilakukan menjelang detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Baca juga: Museum Joang 45 pamerkan jejak perjuangan lewat pameran temporer
Baca juga: HUT ke-78 RI jadi momen merenung peran Jakarta sebagai kota global

Kepala Seksi Operasional Sudin Gulkarmat Jaktim Gatot Sulaeman ketika dikonfirmasi, mengatakan mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur dalam meraih kemerdekaan RI.

"Kita lakukan selama satu menit dengan 25 personel dari Damkar Jakarta Timur, untuk mengheningkan cipta dan diakhiri hormat bersama," kata Gatot.

Selang satu menit, petugas kepolisian dan Gulkarmat Jaktim mempersilahkan para pengendara untuk melintas kembali.
 
Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi pada HUT Ke-78 Kemerdekaan RI yang digelar di Istana Merdeka, Jakarta, dipimpin oleh Presiden Joko Widodo.

Baca juga: Rayakan HUT RI ke-78, JAQS kibarkan Merah Putih di bawah air
Baca juga: Heru sebut Jakarta jadi pusat perhatian kontestasi politik

Presiden yang mengenakan baju daerah Ageman Songkok Singkepan Ageng asal Surakarta, Jawa Tengah, bertindak selaku Inspektur Upacara Peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI tahun ini yang mengusung Tema "Terus Melaju untuk Indonesia Maju".

Tema HUT RI tahun ini menyiratkan ajakan kepada seluruh elemen bangsa untuk melaju bersama melanjutkan pembangunan dengan menggelorakan semangat berkolaborasi dan bersinergi.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023