harus menjaga lingkungan untuk mengurangi polusi udara
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Barat (Pemkot Jakbar) menginstruksikan jajarannya untuk mulai menanam pohon di lahan-lahan kosong untuk menekan polusi udara di daerah itu.

"Jadi, sesuai arahan Pj Gubernur DKI Jakarta (Heru Budi Hartono), semua wilayah DKI, termasuk Jakarta Barat harus menjaga lingkungan untuk mengurangi polusi udara," kata Wali Kota Jakarta Barat, Uus Kuswanto saat ditemui di Jakarta, Selasa. 

Uus menyebut bahwa upaya menjaga lingkungan dalam rangka menekan polusi udara salah satunya dapat dilakukan dengan menanam pohon pada lahan-lahan kosong aset daerah (DKI) di kecamatan atau kelurahan bersama Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), yakni Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota (Tamhut) Jakarta Barat.

"Makanya diinstruksikan kepada kecamatan atau kelurahan bersama SKPD terkait untuk mengaplikasikan instruksi ini," kata Uus.

Ia juga meminta kerja sama warga untuk dalam menjaga kebersihan dan keamanan lingkungan.

Baca juga: Heru ajak pemangku kepentingan lakukan penghijauan di Jakarta

"Tadi itu kan ada kebakaran di Cengkareng (Jalan Pasar Klingkit, RT 12 dan RT 05, RW 11, Rawabuaya, Cengkareng, Jakarta Barat). Nah itu kan penyebabnya karena bakar sampah sembarangan," kata Uus.

Jadi, kata Uus, sampah yang dibakar itu ditiup angin dan membakar rumah warga.

"Selain menambah polusi,  itu juga bahaya sekali bagi keselamatan warga," kata Uus.

Oleh karena itu, kata Uus, ia meminta warga untuk tidak membuang apalagi membakar sampah sembarangan.

"Apalagi sekarang kan sedang kering ya, pembakaran-pembakaran sampah sembarangan seperti itu karena bisa memicu kebakaran," katanya.

Baca juga: Hijaukan Jakarta, Pj Gubernur DKI tanam pohon di Pulogadung 

Lebih lanjut, pihaknya akan menanam sekitar 200 bibit pohon di wilayah Kecamatan Kalideres bersama Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, pihak kepolisian, TNI dan pihak lain yang bersangkutan.

"Besok, kita menanam pohon di Kalideres, di dekat Polsek Kalideres itu dengan pak Pj Gubernur DKI, kepolisian, TNI dan beberapa SKPD lain di Jakarta Barat," ungkap Uus.

Ia mengatakan, selain untuk menekan polusi udara, penanaman pohon tersebut juga untuk mendorong warga menjaga lingkungannya.

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023