Jakarta (ANTARA) -
Polda Metro Jaya mengerahkan 1.563 personel untuk penyelenggaraan Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) World Cup 2023 pada 25 Agustus - 3 September 2023 di Indonesia Arena, Kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta.
 
"Operasi FIBA Jaya melibatkan kekuatan sebanyak 1.563 personel, terdiri 1.066 personel Satgasda (satuan tugas daerah), 487 Satgasres (satuan tugas resort) dan 10 BKO (bawah kendali operasi) TNI, " kata Inspektur Pengawasan Daerah (Irwasda) Polda Metro Jaya Kombes Pol Nurkolis dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Nurkolis berharap seluruh petugas yang terlibat dalam pelaksanaan operasi ini, agar memahami tugas dan fungsinya dengan baik dalam mengamankan seluruh rangkaian kegiatan.

"Mulai dari kedatangan tim, rute yang dilalui, tempat pertandingan, tempat tinggal, hingga kepulangan tim beserta rangkaian kegiatan lainnya, " kata Nurkolis.
 
Nurkolis juga menyebutkan kegiatan operasi ini merupakan sebuah tantangan tugas bagi seluruh personel pengamanan.

Baca juga: Juara bertahan FIBA World Cup akan berlaga di Jakarta

"Karena berhasilnya kegiatan ini akan berdampak pada citra positif masyarakat internasional kepada bangsa Indonesia, yang tentunya akan meningkatkan daya tarik penyelenggaraan agenda  olahraga internasional berikutnya, " ucapnya.
 
Nurkolis juga mengimbau kepada perwira yang menjadi penanggung jawab objek pada saat sebelum pelaksanaan tugas agar melakukan pengecekan terhadap kesiapan personel, baik kehadiran maupun sikap tampang.

"Serta lakukan pemeriksaan terhadap kondisi peralatan ataupun perlengkapan yang akan digunakan, termasuk penggunaan masker bagi seluruh anggota yang bertugas, " katanya.

FIBA World Cup 2023 di Jakarta akan menggelar laga babak penyisihan di dua grup. Grup G yang dihuni oleh Spanyol, Iran, Pantai Gading, dan Brazil, serta Grup H yang berisikan Kanada, Latvia, Lebanon dan Prancis.
 
Pada pertandingan pertama akan ada upacara pembukaan FIBA World Cup 2023 pada pukul 19.15 WIB yang dilangsungkan sebelum pertandingan kedua dimulai, yakni Kanada melawan Prancis pukul 20.30 WIB.

Baca juga: 11 satuan tugas dikerahkan jaga KTT Ke-43 ASEAN di Jakarta
 

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023