Bengaluru (ANTARA) - Saham-saham Eropa menguat pada pembukaan Senin, dengan ekuitas teknologi memimpin kenaikan menyusul penutupan Wall Street yang positif dan sektor otomotif yang memiliki eksposur ke China menguat setelah Beijing mengumumkan langkah-langkah untuk membantu pasar sahamnya yang sedang lesu.

Pada pukul 07.10 GMT, indeks STOXX 600 pan-Eropa bertambah 0,7 persen setelah membukukan kenaikan mingguan pertamanya dalam empat minggu terakhir.

Saham-saham teknologi meningkat 1,5 persen, kenaikan pertama dalam tiga sesi, mengikuti reli di Wall Street akhir pekan lalu.

Kementerian Keuangan China mengatakan pada Minggu (27/8/2023) bahwa pihaknya mengurangi pajak sebesar 0,1 persen pada perdagangan saham "untuk memperkuat pasar modal dan meningkatkan kepercayaan investor."

Sektor-sektor yang terkait dengan China seperti pembuat mobil dan industri masing-masing bertambah 1,1 persen dan 1,0 persen.

Saham-saham kelas berat produsen barang-barang fesyen mewah yang memiliki eksposur ke China, LVMH, Kering dan Hermes masing-masing bertambah lebih dari 1,0 persen.

Sementara itu, ekspektasi suku bunga di zona euro tetap lemah setelah pidato Presiden Bank Sentral Eropa Christine Lagarde pada Jumat (25/8/2023) malam di simposium Jackson Hole.

Pasar di Inggris ditutup untuk hari libur bank musim panas.


Baca juga: Saham Eropa dibuka melemah karena perhatian beralih ke Jackson Hole
Baca juga: Saham Eropa dibuka menguat dipimpin penambang, perawatan kesehatan

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023