Jakarta (ANTARA) - Penyanyi Kim Tae-hyung atau dikenal sebagai V, personel grup idola K-pop Bangtan Sonyeondan (BTS) resmi mengeluarkan album solo pertamanya berjudul "Layover," pada Jumat (8/9).
 
Peluncuran album V menjadikannya anggota terakhir BTS yang debut sebagai solois, kendati dia telah merilis berbagai soundtrack untuk drama televisi, termasuk “Christmas Tree,” dan lagu yang dibuat sendiri di SoundCloud dan YouTube.
 
Menurut agensi BigHit Music seperti disiarkan Yonhap, Jumat (8/9), nama album "Layover" secara harfiah berarti periode waktu ketika seseorang beristirahat dari perjalanan dan memulihkan tenaga. V mengatakan telah bekerja keras untuk menampilkan jati dirinya dalam album solo pertamanya.
 
“Mengerjakan album ini hanya sebuah proses menemukan diriku sendiri. Aku pikir kalian akan dapat menemukan sisi baru dari V dan mungkin berkata, 'Aku tidak tahu dia memiliki sisi itu'," kata V.

Baca juga: Kampanye Global "Seoul, Make It Yours" dari Seoul Edition 23 Libatkan V BTS
 
V mengatakan selalu sangat mencolok di atas panggung, tapi, kali ini dia berusaha keras untuk menunjukkan kepada penggemar dan pendengarnya tentang warna asli dirinya dengan menghilangkan unsur-unsur mencolok.
 
V memasukkan semua yang dia miliki ke dalam album. Dia juga memulai kembali pelatihan vokalnya untuk album tersebut.
 
"Layover" memadukan lagu-lagu bergenre pop dan R&B dengan gaya dan kepekaan V. Album itu memiliki enam lagu, termasuk single utama, "Slow Dancing," serta lagu pra-rilis "Rainy Days" dan "Love Me Again, kemudian "Blue", "For Us" dan versi piano dari "Slow Dancing".
 
Video musik untuk lagu utama dan beberapa lagu lainnya juga dirilis.
 
 
Lalu, mengenai alasan memilih "Slow Dancing" sebagai lagu utama, V mengatakan menurut dia para penggemarnya atau disapa ARMY paling menyukainya.
 
“Ini adalah lagu yang dapat kalian dengarkan dalam suasana santai. Aku harap semua orang dapat menemukan kedamaian dan kenyamanan saat mendengarkannya," ujar V.
 
V untuk kali pertama bekerja sama dengan CEO ADOR Min Hee-jin yang bertanggung jawab atas seluruh proses produksi album, mulai dari musik dan koreografi hingga desain dan promosi.
 
“Meski ini pertama kalinya aku bekerja dengannya, chemistry antara aku dan produser Min sangat bagus,” kata V yang menyebut album yang dihasilkan melalui kerja sama mereka sangat indah.
 

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023