Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Saryadi menyebutkan sebanyak 16 politeknik negeri akan berstatus Badan Layanan Umum (BLU) hingga akhir 2023.

“Mudah-mudahan sampai dengan akhir tahun ini akan ada 16 politeknik berstatus BLU,” katanya dalam acara Bincang Coffee Morning oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek di Jakarta, Rabu.

Saryadi merinci, hingga kini sudah terdapat 13 politeknik berstatus BLU sedangkan tiga politeknik lain sedang dalam proses menuju berstatus BLU.

Sebanyak 13 politeknik yang sudah berstatus BLU itu meliputi Politeknik Negeri Malang pada 2012, Politeknik Negeri Manufaktur Bandung pada 2018, serta pada 2021 yaitu Politeknik Negeri Jakarta, Politeknik Negeri Bali, dan Politeknik Negeri Semarang.

Baca juga: BLU terbaik, Unej masuk Klaster Mandiri Kemendikbudristek 2023

Baca juga: Kemendikbudristek minta PTN BLU akselerasi kinerja anggaran


Selanjutnya pada 2022, politeknik yang berstatus BLU adalah Politeknik Negeri Medan, Politeknik Negeri Ujung Pandang, Politeknik Negeri Bandung, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, Politeknik Negeri Jember, dan Politeknik Negeri Batam.

Pada 2023 terdapat dua politeknik berstatus BLU yaitu Politeknik Negeri Sriwijaya dan Politeknik Negeri Pontianak sedangkan tiga politeknik yang masih dalam proses adalah Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Politeknik Negeri Lampung dan Politeknik Negeri Padang.

“Saat ini yang sedang dalam proses dan dalam antrean akan ditetapkan sebagai BLU nanti ada tiga. Mudah-mudahan tahun ini, ujarnya.

Politeknik berstatus BLU merupakan institusi yang berada di level dua dalam hal otonomi setelah perguruan tinggi negeri berbadan hukum (PTNBH).

Nantinya, seluruh penerimaan non-pajak dapat dikelola secara otonomi oleh politeknik berstatus BLU dan melaporkan ke negara.

“Itu adalah salah satu bentuk komitmen Ditjen Vokasi dalam upaya mewujudkan kemandirian tata kelola keuangan politeknik untuk menjawab berbagai permasalahan,” kata Saryadi.

Baca juga: Kemenristekdikti dorong politeknik menjadi BLU

 

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023