Jakarta (ANTARA) - Di dunia yang selalu terhubung saat ini, paket data seluler menjadi sesuatu yang sangat berharga, baik untuk menjelajahi web, streaming video, atau menggunakan media sosial.

Oleh karena itu, penting untuk memaksimalkan penggunaan paket data seluler pada ponsel pintar. Dikutip dari Gizchina, berikut sejumlah cara yang bisa diterapkan.

Langkah pertama untuk memaksimalkan penggunaan paket data seluler di ponsel pintar adalah dengan memonitor penggunaan data. Sebagian besar ponsel pintar menyediakan fitur bawaan atau aplikasi yang melacak penggunaan data.

Dengan selalu memeriksa pemanfaatan, pengguna dapat mendapatkan gambaran jelas tentang seberapa banyak data yang digunakan. Ini akan membantu untuk menyesuaikan kebiasaan sesuai dengan anggaran. Selain itu, aktifkan peringatan atau batasan penggunaan data sebagai peringatan.

Baca juga: Pandemi buat gim seluler dan gim tanpa paket data kian diminati

Kedua, hubungkan ke jaringan Wi-Fi untuk menghemat paket data. Jaringan Wi-Fi tersedia di banyak tempat umum. Buatlah kebiasaan untuk terhubung ke jaringan Wi-Fi yang terpercaya untuk mengurangi beban ketika membutuhkan banyak data.

Cara berikutnya kompres dan optimalkan data. Untuk mengurangi penggunaan data tanpa mengorbankan kualitas pengalaman penjelajahan, pertimbangkan untuk mengompres dan mengoptimalkan data.

Ada berbagai aplikasi dan peramban yang dapat mengompres halaman web, gambar, dan video. Ini akan mengurangi jumlah data yang diperlukan untuk memuatnya. Hal ini juga dapat mengurangi penggunaan data, terutama saat menjelajahi halaman web dengan konten berat.

Selanjutnya, batasi penggunaan data di latar belakang. Beberapa aplikasi di ponsel mungkin mengonsumsi data bahkan saat sedang tidak digunakan secara aktif. Untuk mencegah penggunaan data yang tidak perlu, tinjau dan kelola pengaturan data latar belakang untuk setiap aplikasi.

Kelima, bijaklah saat streaming dan mengunduh konten. Streaming dan mengunduh konten media, seperti musik dan video, dapat dengan cepat menguras data seluler.

Keenam, manfaatkan kemampuan offline. Banyak aplikasi menawarkan kemampuan offline yang memungkinkan untuk digunakan tanpa koneksi internet. Misalnya, aplikasi untuk mencatat, navigasi, dan platform streaming musik seringkali memiliki mode offline. Manfaatkan fitur-fitur ini untuk meminimalkan penggunaan data seluler ketika sedang dalam perjalanan.

Baca juga: Paket data internet dikeluhkan mahal untuk PJJ, ini kata Kominfo

Langkah berikutnya adalah dengan menggunakan pemblokir iklan. Iklan dapat menghabiskan banyak data, terutama ketika mencakup video atau animasi. Pertimbangkan untuk menginstal pemblokir iklan di peramban ponsel untuk mengurangi jumlah data yang dikonsumsi oleh iklan.

Cara lainnya yang bisa dilakukan adalah menonaktifkan pembaruan aplikasi otomatis. Secara default, toko aplikasi ponsel mungkin diatur untuk memperbarui aplikasi secara otomatis ketika ada versi baru yang tersedia.

Meskipun penting untuk tetap memperbarui aplikasi, demi alasan keamanan dan kinerja, pembaruan otomatis dapat mengonsumsi sejumlah besar paket data seluler. Sebagai gantinya, perbarui aplikasi secara manual ketika terhubung ke Wi-Fi atau atur toko aplikasi untuk memperbarui aplikasi hanya pada jaringan Wi-Fi.

Mengelola lampiran email juga bisa dilakukan untuk memaksimalkan penggunaan data. Lampiran email, terutama file besar seperti gambar, video, atau dokumen, dapat menghabiskan kuota data yang signifikan saat diunduh atau dikirimkan.

Sebelum mengirim atau mengunduh lampiran, pertimbangkan untuk mengompresinya atau menggunakan layanan penyimpanan cloud untuk berbagi file dengan orang lain. Ini akan mengurangi ukuran file dan mengurangi data yang dibutuhkan untuk mengirim atau menerima mereka.

Cara terakhir adalah aktifkan mode hemat data pada aplikasi media sosial. Platform media sosial terkenal karena mengonsumsi sejumlah besar kuota data. Banyak aplikasi media sosial populer, seperti Facebook, Instagram, dan Twitter, menawarkan mode hemat data yang mengurangi kualitas gambar dan video.

Aktifkan mode ini untuk secara signifikan mengurangi konsumsi data tanpa mengorbankan pengalaman penjelajahan secara keseluruhan.

Dengan mengikuti tips dan trik yang diuraikan dalam artikel ini, pengguna dapat tetap terhubung dan menikmati pengalaman seluler tanpa melebihi penggunaan paket data.

Baca juga: IM3 hadirkan paket khusus Ramadhan dukung pengguna jalin silaturahmi

Baca juga: Pandemi buat gim seluler dan gim tanpa paket data kian diminati

Penerjemah: Fathur Rochman
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2023