Jakarta (ANTARA) - Pembalap Ferrari Carlos Sainz merebut pole secara berturut-turut dari Grand Prix Italia ke Grand Prix Singapura, Sabtu, sementara pemimpin klasemen Max Verstappen (Red Bull) tak masuk 10 besar atau grid terdepan balapan utama.

Sainz berada di depan George Russell (Mercedes) dan rekan satu timnya di Ferrari, Charles Leclerc, dengan selisih waktu sangat tipis masing-masing 0,072 detik dan 0,079 detik saja pada sesi kualifikasi yang digelar di Marina Bay Street Circuit tersebut.

Sesi kualifikasi berlangsung menegangkan, menyusul bendera merah setelah kecelakaan besar yang dialami Lance Stroll (Aston Martin) di tahap akhir Q1.

Tapi Sainz terhindar dari masalah dan terus mengatur kecepatan, dengan sektor akhir yang cepat membuatnya meraih pole ketiga Ferrari sejak 2019.

Melengkapi posisi enam besar, ada Lando Norris (McLaren) di urutan keempat, lalu Lewis Hamilton (Mercedes) di urutan kelima, dan Kevin Magnussen (Haas) di urutan keenam.

Fernando Alonso (Aston Martin) menjadi pembalap tercepat ketujuh, sementara Esteban Ocon tampil mengesankan bagi Alpine untuk menempati posisi kedelapan, di depan pembalap Haas lainnya yaitu Nico Hulkenberg, diikuti Liam Lawson (AlphaTauri) yang berhasil mencapai Q3 untuk pertama kalinya dalam karir singkatnya di F1 sekaligus melengkapi 10 besar.

Baca juga: Verstappen kecewa dengan performa Red Bull di FP GP Singapura

Kejutan dari Lawson tak berhenti di situ, mengingat ia menjadi penghalang Verstappen dan pembalap Red Bull lainnya, Sergio Perez, yang masing-masing tersingkir dari Q2 dengan posisi P11 dan P13. Posisi ke-12 ada Pierre Gasly dari Alpine, sementara Alex Albon (Williams) turun di urutan ke-14 dan Yuki Tsunoda (AlphaTauri) di urutan ke-15.

Akibat kecelakaan Stroll di akhir Q1, beberapa pembalap tidak dapat menyelesaikan lap terakhirnya. Beberapa pembalap yang kurang beruntung dan tersingkir lebih awal termasuk Valtteri Bottas (Alfa Romeo) di urutan ke-16, serta Oscar Piastri (McLaren) di urutan ke-17.

Sementara itu, GP Singapura akan dimulai pada Minggu (17/9) pukul 19.00 WIB.

Baca juga: Duo Ferrari kuasai dua sesi latihan bebas GP Singapura
Baca juga: Zhou Guanyu perpanjang kontrak dengan Alfa Romeo hingga 2024


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023