Jakarta (ANTARA) - Desainer Kim Jones mengambil keanggunan abadi dari patung-patung klasik Roma untuk jenama fesyen Fendi di Milan Fashion Week koleksi musim gugur/panas 2024, di Milan.

Kesan anggun yang tak lekang waktu kembali menjadi mode seiring dengan berjalannya era nostalgia tahun 90an. Kim Jones, menurut laporan The Guardian yang disiarkan Kamis (21/9) menampilkan keanggunan patung Roma yang lesu, dengan jubah panjang yang elegan dan bahu marmer yang polos, dalam gaun sederhana tanpa lengan.

Tanpa lipatan dan kerut atau draping, Fendi hanya menampilkan garis panjang yang mengalir dari kain rajutan halus di sekujur tubuh.

“Saya menginginkan siluet Romawi yang sangat mulia tapi lebih bersih,” kata Kim Jones.

Bentuk feminin itu diselingi dengan potongan-potongan yang disesuaikan. Kemeja putih dengan kerah tajam dan dua baris kancing satu di depan, satu lagi di bagian belakang, memberi penghormatan kepada Karl Lagerfeld, salah satu pendahulu Jones di Fendi.

Penampilan model catwalk memiliki kesan percaya diri yang didambakan, hanya gaun cantik, mantel tipis, dan sepatu hak klasik. Beberapa model mengenakan sarung tangan untuk memberikan sentuhan anggun.

Jones meminta para wanita berjalan di atas catwalk dengan santai, bukan dengan hentakan-hentakan yang sudah menjadi norma pekan mode.

Tangkapan layar Peragaan busana Kim Jones untuk Fendi di Milan Fashion Week 2024, Jumat (22/9/2023, 10:26). (ANTARA/Instagram/@fendi/Fitra Ashari)
“Saya ingin kecepatan yang terlihat seperti mereka sedang berjalan di jalan biasa,” kata Kim Jones.

Melalui karyanya, Jones bertujuan membuat wanita merasa nyaman dengan diri mereka sendiri. Inspirasi dari apa yang dikenakan orang-orang di kehidupan nyata, dia buat dengan kesan lebih mewah agar yang memakai ada perasaan percaya diri dan keanggunan.

Tangkapan layar Peragaan busana Kim Jones untuk Fendi di Milan Fashion Week 2024, Jumat (22/9/2023, 10:26). (ANTARA/Instagram/@fendi/Fitra Ashari)
Milan Fashion Week musim ini tidak menggunakan banyak material bulu dalam desain baju di catwalk, Fendi adalah salah satu dari sedikit merek mewah besar yang belum melarang bulu. Seiring berkurangnya permintaan di kalangan konsumen, material bulu tersebut diganti menggunakan kulit dan membuat potongan-potongan dengan intarsia warna-warni.

Peragaan Fendi merupakan catwalk besar pertama di pekan mode Milan, yang menampilkan 59 label yang menunjukkan peningkatan dari 54 label pada musim lalu. Pertunjukan yang paling ditunggu-tunggu minggu ini adalah Gucci , di mana desainer baru Sabato de Sarno melakukan debutnya pada hari Jumat. 

Baca juga: Milan Fashion Week dibuka dengan koleksi busana Fendi

Baca juga: Pria dengan rok menjadi tren di 2023

Baca juga: Ralph Lauren kembali ke "runway" dengan gaya pedesaan nan romantis


Penerjemah: Fitra Ashari
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023