Makassar (ANTARA) - Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menandatangani nota kesepemahaman (MoU) dengan Kanazawa Institute of Technology (KIT) untuk memperkuat kerja sama di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Penandatanganan MoU berlangsung di Kampus Kanazawa Institute of Technology (KIT) di Kanazawa, Jepang, Jumat, waktu setempat.

Ketua Badan Pembina Harian (BPH) Unismuh Makassar, Prof Gagaring Pagalung dalam keterangannya diterima di Makassar, mengatakan dirinya mewakili pihak Unismuh saat penandatanganan MoU sementara dari pihak KIT, MoU diwakili Presiden KIT, Satoshi Osawa PhD.

"MoU ini bertujuan untuk memperkuat hubungan antara kedua lembaga dalam berbagai aspek, termasuk pertukaran mahasiswa dan dosen, penelitian bersama, dan kolaborasi akademik lainnya," ujarnya.

Baca juga: Empat mahasiswa Unismuh Makassar lolos program magang di IKN Nusantara

Baca juga: Mahasiswa Unismuh promosikan seni budaya Sulsel di Thailand


Prof Gagaring Pagalung mengatakan dengan penandatanganan MoU itu, Unismuh Makassar dan KIT berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian di kedua institusi serta mempromosikan pemahaman lintas budaya.

Dia menyatakan, kerja sama itu adalah langkah penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian di Unismuh Makassar.

"Kami berharap bahwa MoU ini akan membawa manfaat besar bagi kedua institusi dan juga bagi dosen dan mahasiswa kami,” ucapnya.

Penandatanganan MoU ini merupakan langkah awal yang menjanjikan dalam menghadirkan lebih banyak peluang pendidikan dan penelitian yang bermanfaat bagi kedua institusi.

Kedua pihak berharap bahwa kerja sama itu akan berlanjut dan berkembang dengan baik di masa depan.*

Baca juga: 41 mahasiswa Malaysia belajar kebudayaan Sulsel di Unismuh

Baca juga: Kemendikbudristek terbitkan izin S3 Agribisnis Unismuh Makassar

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023