Makassar (ANTARA) - Universitas Muhammadiyah Makassar (Unismuh) dan Center for Research on International Cooperation in Educational Development (CRICED) Tsukuba University, Jepang, menjalin kerja sama dalam bidang akademik.

Sekretaris Divisi Penelitian LP3M Unismuh Makassar Dr Agustan dan Direktur CRICED Tsukuba University Prof Masami Isoda melakukan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA), di Tokyo, Jepang, Rabu.

Baca juga: Unismuh dan Kanazawa Institute Technology Jepang teken MoU penelitian

Agustan mengatakan penandatanganan MoA itu merupakan lanjutan dari pembicaraan awal yang disahkan oleh Rektor Unismuh Prof Ambo Asse beberapa waktu lalu di Makassar.

"Kerja sama dengan penandatanganan MoA ini adalah tindak lanjut dari pertemuan yang disahkan langsung oleh Rektor Unismuh beberapa waktu lalu," ujarnya.

Menurut dia, MoA juga melibatkan beberapa institusi, antara lain Universitas Papua, Universitas Jambi, SMP IT Mentari Ilmu Karawang, SMA Mentari Ilmu Karawang Indonesia, DIT Mentari Ilmu Karawang, dan berbagai lembaga pendidikan lainnya.

Baca juga: Peneliti Unismuh- Uzbekistan kolaborasi riset pengembangan pendidikan

Dalam dokumen MoA, disepakati kerja sama akademik antara CRICED dan Unismuh yang mencakup tujuh fakultas.

Agustan mengemukakan kedua lembaga sepakat untuk berkolaborasi dalam pertukaran akademik dan penelitian, termasuk proyek penelitian kolaboratif, pertukaran tenaga peneliti dan pengajar, serta kolaborasi dalam konferensi akademik.

Terkait anggaran, hak, dan tanggung jawab, menurut dia, akan dijelaskan terpisah sebelum dimulainya setiap proyek atau kegiatan pertukaran akademik.

Baca juga: Unismuh dan Pusat Halal Universitas Chulalongkorn Thailand teken MoU

"MoA ini memiliki masa berlaku selama empat tahun, dapat diperpanjang, diubah, atau diakhiri setelah periode tersebut. Sebuah langkah signifikan untuk memperkuat kemitraan dan mendukung pengembangan akademik kedua lembaga," ucapnya.

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023