Oleh karena itu kami memperkirakan rubel akan melemah, hal yang biasa terjadi pada hari-hari terakhir bulan ini
Moskow (ANTARA) - Rubel Rusia mencapai titik terendah dalam lebih dari satu minggu terhadap dolar pada awal perdagangan Kamis sebelum pulih kembali, menunggu dukungan signifikan seiring berakhirnya masa pembayaran pajak yang menguntungkan.

Pada pukul 07.30 GMT, rubel menguat 0,1 persen terhadap dolar menjadi diperdagangkan pada 96,84, setelah jatuh ke 97,1350 pada pembukaan pasar.

Mata uang ini naik 0,1 persen dan diperdagangkan pada 101,82 versus euro. Mata uang Rusia juga telah turun 0,3 persen terhadap yuan menjadi diperdagangkan pada 13,25.

Pembayaran pajak akhir bulan, yang biasanya mengharuskan eksportir mengkonversi pendapatan mata uang asing untuk membayar kewajiban lokal, mendukung rubel, namun mata uang tersebut dapat melemah setelah periode tersebut berlalu.

Rubel kini juga telah kehilangan dukungan sementara atas penjualan mata uang asing yang lebih tinggi dari biasanya oleh bank sentral, yang menjual sekitar 21,4 miliar rubel (221,3 juta dolar AS) per hari hingga awal minggu ini.

“Hari ini adalah akhir periode pembayaran pajak ke anggaran dan eksportir dapat secara signifikan mengurangi volume penjualan pendapatan mata uang asing,” kata Alexei Antonov dari Alor Broker dalam sebuah catatan.

"Oleh karena itu kami memperkirakan rubel akan melemah, hal yang biasa terjadi pada hari-hari terakhir bulan ini."

Minyak mentah Brent, patokan global untuk ekspor utama Rusia, turun 0,7 persen menjadi diperdagangkan pada 97,24 dolar AS per barel.

Indeks saham Rusia lebih tinggi. Indeks RTS dalam mata uang dolar terangkat 0,7 persen menjadi diperdagangkan pada 1.005,7 poin. Indeks MOEX Rusia berbasis rubel menguat 0,8 persen menjadi diperdagangkan pada 3.091,5 poin.

Pemberi pinjaman terbesar kedua Rusia, VTB, padai Kamis mengatakan kenaikan suku bunga berturut-turut telah sangat merusak prospek bank-bank Rusia, mengantisipasi penurunan tajam laba sektor ini tahun depan setelah tahun 2023 yang sangat buruk.

Baca juga: Rubel Rusia stabil dekat 96 terhadap dolar AS jelang pembayaran pajak
Baca juga: Rubel Rusia diperdagangkan dekat 96 terhadap dolar AS

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023