Jakarta (ANTARA) – Setelah melalui serangkaian proses seleksi dan pelatihan yang panjang, PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) akan mengumumkan pemenang program Kid Witness News (KWN) 2023 sekaligus mengikuti acara Global Summit KWN 2023. Sineas Muda dengan karya terbaik, akan mewakili Indonesia pada tingkat Global.
 
Lebih dari 200 naskah yang terkumpul, PGI telah memilih 4 finalis terbaik yang terbagi menjadi 2 (Dua) kategori dari tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. Selanjutnya, PGI berkerja sama dengan pihak-pihak yang berdedikasi tinggi dalam bidang perfilman, public speaking hingga scriptwriter untuk membekali dan memberikan pengarahan dalam pembuatan video bertema SDGs (Sustainable Development Goals). Pelatihan ini bertujuan untuk mempersiapkan para finalis dalam berkompetisi dengan peserta dari negara-negara lain di program KWN tingkat global.

Viya Arsawireja, Head of Communications PT Panasonic Gobel Indonesia mengatakan, Suara anak-anak sebagai generasi masa depan akan memberi dampak pada masyarakat, serta mengilhami lahirnya inovasi-inovasi unik. Niat kami, adalah untuk mendengarkan dan sepenuhnya menyerap pesan mereka, untuk menyadari potensi tersembunyi yang dimiliki anak-anak bertalenta ini, karena kami yakin bahwa setiap orang memiliki kekuatan untuk mewujudkan masa depan yang lebih baik.

“Di KWN 2023, kami selaku penyelenggara telah berunding dengan tim dewan juri untuk memutuskan pemenang dari setiap kategori (SD & SMP) program KWN 2023 Indonesia. PGI sangat bangga akan hasil karya sineas-sineas muda berbakat Indonesia karena mampu berpartisipasi dalam pengembangan SDM dan peduli isu lingkungan, serta menginspirasi banyak orang untuk mendapatkan kebahagiaan dan kehidupan yang lebih baik setiap harinya, sesuai tagline Panasonic Live Your Best”, ujar Viya.

Terdapat 2 (dua) finalis yang terpilih untuk berkompetisi di KWN Global Summit 2023 yaitu SD Regina Pacis Bogor dari kategori Sekolah Dasar (primary) dengan judul video ‘Rain in July’. SMP Labschool Kebayoran Jakarta dari kategori Sekolah Menengah Pertama (secondary) dengan judul video ‘SANGHARA. Kedua wakil Indonesia ini akan berkompetisi dengan sekolah sekolah dari berbagai negara dibelahan dunia seperti US, Brazil, China, Jepang, Vietnam, dan lainnya.

“Pada momen KWN Global Summit 2023 ini, kedua wakil Indonesia mampu mendapatkan hasil yang terbaik, Setelah melalui proses penentuan pemenang dari vote yang dilakukan di seluruh dunia, kami dengan bangga mengumumkan perwakilan Indonesia dari kategori secondary yakni SMP Labschool Kebayoran Jakarta dan kategori primary yakni SD Regina Pacis Bogor, sebagai pemenang video terbaik “KWN Fans Award” yang berhasil menyisihkan peserta dari berbagai negara lain seperti Jepang, Brazil, US, Vietnam, China, Kamboja, dan Filipina, serta berhak mendapatkan hadiah berupa Lumix ACB-495”, kata Viya.

Program ini memiliki fase-fase yang diawali dengan sosialisasi ke Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) terkait KWN, pendaftaran, serta pengiriman script. Setelah terpilihnya 4 (empat) finalis terbaik, mereka diberikan pelatihan (workshop) yang meliputi penulisan naskah, sinopsis, proses perekaman gambar (shooting), editing, music scoring dan soundtracking pada 27 – 28 Juli 2023 lalu. Kami melakukan tahap akhir seleksi yang ketat oleh dewan juri Heru Susanto, Director, Skripwriter & Public Speaker serta perwakilan dari Panasonic Gobel Indonesia.

“Kid Witness News (KWN) yang dilaksanakan secara global selama 29 tahun dan mulai dilaksanakan di Indonesia pada tahun 2003 ini, bertujuan untuk meningkatkan keterampilan, kreativitas, & komunikasi terutama dalam hal pembuatan film pendek dan diharapkan dapat terus meningkatkan kualitas dari sumber daya manusia di Indonesia”, ujar Viya.

Panasonic berharap kemenangan Indonesia di ajang Dunia yang di wakili oleh sineas muda dapat memberikan inspirasi dan motivasi generasi muda lainnya untuk berkarya, menunjukkan semua keterampilan serta potensinya dalam mengupayakan impian dan masa depan yang lebih baik," tutup Viya.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023