Tangerang (ANTARA) - Tim gabungan Pemkot Tangerang akan mengerahkan pipa injeksi yang akan disebar di 40 titik strategis untuk memadamkan api di TPA Rawa Kucing.

Kepala Bidang Sarana dan Prasarana BPBD Kota Tangerang, Hendar di Tangerang, Rabu mengatakan rencana pengerahan pipa injeksi ini merupakan metode alternatif untuk memaksimalkan pemadaman di beberapa titik yang selama ini sulit dijangkau.

Pipa injeksi ini dapat dioptimalkan untuk memadamkan titik-titik api yang dinilai masih menyala di bawah tumpukan gunungan sampah.

BPBD Kota Tangerang telah bekerja sama dengan Perumda Tirta Benteng untuk membuat pipa injeksi yang berguna untuk membantu operasi pemadaman.

"Pipa injeksi ini panjangnya sekitar tujuh meter yang akan ditancapkan ke dalam titik-titik yang masih mengeluarkan kepulan asap," ujar Hendar.

Ia melanjutkan pipa injeksi ini dinilai akan menambah daya amunisi dalam operasi pemadaman TPA Rawa Kucing. Pasalnya, pipa injeksi ini berfungsi menyambungkan saluran air pemadam untuk ditancapkan ke dalam tumpukan gunungan sampah.

"Sehingga, pipa injeksi ini diharapkan mampu memadamkan titik-titik lokasi yang masih mengepulkan asap," ujarnya.

Nantinya, pipa injeksi ini akan disebar di berbagai titik-titik yang selama ini sulit dipadamkan menggunakan operasi darat oleh personil gabungan.

"BPBD Kota Tangerang berharap lewat adanya pipa injeksi ini dapat membantu penuntasan operasi pemadaman di TPA Rawa Kucing secepat mungkin," katanya.

Baca juga: BNPB fokus hentikan penjalaran api di TPA Rawa Kucing 

Baca juga: BPBD masifkan pemadaman TPA Rawa Kucing di darat dan udara

Baca juga: Pemkot Tangerang kerahkan beragam upaya padamkan TPA Rawa Kucing

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023