Jakarta (ANTARA) - Managing Director Sinar Mas Ferry Salman menyebutkan UMKM (usaha mikro kecil dan menengah) dapat naik kelas menjadi energi penggerak perekonomian bangsa yang menyejahterakan banyak orang melalui pendampingan melekat oleh pemerintah dan sektor usaha.

Maka dari itu, berpegang pada pilar usaha memberdayakan masyarakat, memberdayakan ekonomi, Sinar Mas menggandeng UMKM lewat skema inclusive closed loop, yang sebagian hasilnya bisa disaksikan dalam acara Festival UMKM 2023.

"Sinar Mas yang bermula dari usaha mikro tentu tak terpisahkan dari UMKM," ujar Ferry di Jakarta, Jumat.

Menurut Ferry, UMKM di Indonesia telah menjadi roda penggerak perekonomian Indonesia karena memberikan dampak signifikan khususnya dalam pembentukan produk domestik bruto dan penyerapan tenaga kerja.

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mencatat per Agustus 2023, UMKM berkontribusi sebesar 61 persen terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia, sekaligus mampu menyerap 97 persen tenaga kerja di Tanah Air.

Setelah sukses dengan Festival UMKM pada tahun 2022, Sinar Mas kembali menghadirkan Festival UMKM 2023.

Managing Director President Office Sinar Mas Land Dony Martadisata mengatakan pihaknya juga telah melakukan serangkaian kegiatan pelatihan dan pendampingan bagi para pelaku UMKM berupa pengadaan beragam program pelatihan dan pembekalan keterampilan.

Festival UMKM 2023 diharapkan dapat mendorong pelaku UMKM untuk terus kreatif serta mampu bersaing dan menghadirkan produk-produk berkualitas yang tidak hanya bisa dijangkau secara langsung, namun juga secara digital.

"Semoga acara ini dapat mewujudkan kemandirian UMKM yang berkelanjutan serta meningkatkan kesejahteraan UMKM yang inklusif," kata Dony.

Festival UMKM 2023 merupakan kolaborasi Sinar Mas Land dengan seluruh pilar usaha Sinar Mas, seperti Bank Sinar Mas, Asia Pulp and Paper (APP), Asuransi Sinar Mas, Sinar Mas Communication & Technology, Sinar Mas Energy dan Infrastructure, Tzu Chi Sinar Mas, Eka Hospital serta Eka Tjipta Foundation.

Baca juga: Sinar Mas: Minyak sawit jadi bahan bakar pesawat ramah lingkungan
Baca juga: SimInvest dan Asuransi Sinar Mas ajak generasi muda melek investasi
Baca juga: Dorong UMKM naik kelas, Sinar Mas kembangkan ekosistem digital

 

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023