Kami kerahkan 38 orang lainnya dengan tugas memberikan informasi perjalanan KA di beberapa stasiun yang ramai penumpang
Cirebon, Jawa Barat (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 3 Cirebon, Jawa Barat, menyiagakan 1.770 petugas gabungan dari instansi terkait untuk menyukseskan perjalanan kereta api pada masa angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Dari segi personel, kami menyiapkan 1.770 orang petugas yang melibatkan personel organik dan bantuan dari stakeholder," kata Vice President KAI Cirebon Dicky Eka Priandana saat ditemui di Cirebon, Jabar, Kamis.

Dicky menjelaskan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengguna jasa kereta api, terdapat 246 personel gabungan yang secara rutin melakukan pengamanan.

Pengamanan itu, kata dia, dilaksanakan di atas kereta api, lingkungan stasiun, sampai melakukan patroli di jalur dan obyek-obyek penting lainnya.

"Patroli itu di beberapa titik seperti dipo lokomotif dan kereta serta tetap menjalin komunikasi dengan unsur-unsur keamanan TNI-Polri di sepanjang jalur KA," ujarnya.

Tidak hanya dari segi keamanan, Dicky menuturkan penambahan delapan petugas customer service mobile (CSM) juga diterapkan untuk melayani para pengguna jasa kereta api di Stasiun Cirebon dan Stasiun Cirebon Prujakan.

"Kami kerahkan 38 orang lainnya dengan tugas memberikan informasi perjalanan KA di beberapa stasiun yang ramai penumpang," ujarnya.

Dia juga mengemukakan langkah antisipasi diterapkan apabila ada penumpang yang mengalami kondisi darurat, dengan menempatkan petugas paramedis dan dokter serta ambulans posko di beberapa stasiun besar.

"Tenaga medis juga turut serta untuk mengatasi kondisi darurat selama masa angkutan Natal," ucapnya.

Selain itu, KAI Cirebon sudah melakukan normalisasi saluran air dari tumpukan sampah hingga memperkuat penahan tanah pada lokasi rawan amblas sebagai upaya meminimalisir potensi bahaya akibat bencana yang dapat mengganggu perjalanan kereta api.

Pada intinya, Dicky menekankan semua upaya tersebut dimaksudkan untuk langkah antisipasi datangnya musim hujan dan cuaca ekstrem yang bertepatan dengan masa angkutan Natal serta tahun baru.

"Kegiatan ini dimaksudkan untuk memastikan kesiapan dan kelancaran perjalanan kereta api di Daop 3 Cirebon," ucap dia.

Baca juga: PT KAI Daop 3 Cirebon siapkan armada tambahan selama libur Natal
Baca juga: KAI Cirebon sediakan layanan bus bagi penumpang terdampak longsor
Baca juga: Volume angkutan barang KAI Daop 3 Cirebon capai 281 ribu ton 

Pewarta: Fathnur Rohman
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023