Jakarta (ANTARA) - Penggalangan Bulan Dana Palang Merah Indonesia (PMI) di Jakarta Selatan telah mencapai Rp10.177.570.227 atau 113,20 persen dari target yang ditetapkan.

"Target yang kita tetapkan Rp9 miliar, saya menyampaikan rasa terima kasih di bawah kepemimpinan bapak Edi Sumantri selaku Ketua Panitia Bulan Dana PMI yang berhasil mengumpulkan dana sangat besar dan melebihi target," kata Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan Munjirin usai menutup Bulan Dana PMI di Jakarta, Rabu.

Munjirin mengatakan Bulan Dana PMI di Jakarta selatan yang dilaksanakan sejak 1 September hingga 30 November 2023 dapat melebihi target karena adanya dukungan dari semua pihak.

"Keberhasilan ini bukan semata-mata pencapaian sukses panitia dan wali kota, melainkan keberhasilan bersama dalam misi kemanusiaan," ucapnya.

Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan Munjirin resmi menutup Bulan Dana Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Administrasi Jakarta Selatan 2023. Penutupan berlangsung di Ruang Rapat Gelatik Utama Kantor Walikota Administrasi Jakarta Selatan, Rabu (27/12).

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Wali Kota Jakarta Selatan selaku Ketua Panitia Bulan Dana PMI Edi Sumantri menambahkan dana yang dihimpun akan diperuntukan bagi masyarakat Jakarta, khususnya di wilayah Jakarta Selatan.

"Penghimpun dana PMI akan diperuntukkan dalam kegiatan sosial kemanusiaan, membantu korban bencana, ataupun memberikan pertolongan kepada masyarakat yang membutuhkan," tambahnya.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta optimis Palang Merah Indonesia DKI Jakarta dalam bulan dana 2023 bisa mengoptimalkan sumber pendanaan agar nantinya dapat digunakan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Kegiatan yang kali ini bertema 'Sukses Bulan Dana PMI untuk Jakarta Maju' diharapkan dapat menghimpun dana untuk nanti dikembalikan lagi kepada masyarakat melalui berbagai bentuk pelayanan," kata Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Joko Agus Setyono di Jakarta.

Pelayanan tersebut berupa bantuan medis atau layanan kesehatan, bantuan penanganan musibah bagi korban bencana alam, penyediaan darah yang aman bagi masyarakat, pendidikan dan latihan, pengembangan generasi muda, serta tugas kemanusiaan lainnya.

Ia berharap kehadiran PMI ini juga dalam setiap keadaan kedaruratan di Jakarta dapat memberi manfaat lebih bagi masyarakat melalui optimalisasi pelayanan, serta didukung dengan sarana dan prasarana yang terus ditingkatkan.

"Seperti yang kita tahu, bahwa tugas kemanusiaan yang diemban kepada PMI membutuhkan dana yang tidak sedikit. Oleh karena itu, saya ingin mengajak kepada seluruh komponen masyarakat untuk berdonasi," ujar Joko.

Baca juga: Penggalangan dana PMI di Jakarta Timur tercapai 118 persen

Baca juga: Pengumpulan Bulan Dana PMI di Jakbar capai Rp6,7 miliar

Baca juga: Jakbar capai 80 persen target pengumpulan dana di Bulan Dana PMI 2023

Pewarta: Bayu Pratama Syahputra
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023