Yang namanya puting beliung itu sulit diatasi, namun risikonya dapat dikurangi, salah satunya kalau ada pohon-pohon yang dekat dengan rumah, jangan ragu-ragu untuk dipotong
Cilacap (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, menyalurkan bantuan paket sembako untuk 136 keluarga korban bencana angin puting beliung yang tersebar di tiga desa.

Saat ditemui di Balai Desa Tritih Wetan, Kecamatan Jeruklegi, Cilacap, Rabu, Ketua PMI Kabupaten Cilacap Farid Ma'ruf mengatakan pihaknya menyalurkan bantuan paket sembako untuk 100 keluarga korban angin puting beliung di desa itu.

Baca juga: BPBD: Kerugian akibat becana puting beliung lebih dari Rp100 juta

Menurut dia, pihaknya juga akan menyalurkan bantuan serupa untuk 10 keluarga di Desa Rejamulya dan Ciklapa, Kecamatan Kedungreja, serta 26 keluarga di Desa Panulisan Barat, Kecamatan Dayeuhluhur.

"Kami bantu paket sembako untuk meringankan beliau-beliau yang kebetulan kurang beruntung karena memang sekarang sedang musimnya angin yang tidak bersahabat, sehingga banyak tempat terjadi angin puting beliung," katanya.

Sementara saat memberi sambutan sebelum penyerahan bantuan, Farid mengatakan paket sembako senilai lebih kurang Rp200 ribu itu berasal dari sumbangan masyarakat yang terkumpul melalui kegiatan Bulan Dana PMI.

Menurut dia, sumbangan yang diperoleh dalam Bulan Dana PMI juga digunakan untuk kegiatan sosial kemanusiaan lainnya seperti khitanan massal, kacamata gratis bagi siswa sekolah dasar maupun madrasah ibtidaiyah, dan operasi katarak gratis bagi warga miskin.

Baca juga: BPBD: Total rumah rusak akibat puting beliung capai 31 unit

Dalam kesempatan itu, dia juga mengimbau masyarakat yang sekiranya memiliki pohon berukuran besar di dekat rumah agar dipangkas guna mengurangi risiko tumbang ketika terjadi angin kencang.

"Yang namanya puting beliung itu sulit diatasi, namun risikonya dapat dikurangi, salah satunya kalau ada pohon-pohon yang dekat dengan rumah, jangan ragu-ragu untuk dipotong," tegas Farid.

Sementara itu, Plt Camat Jeruklegi Dasro menyampaikan terima kasih atas kepedulian PMI Kabupaten Cilacap yang telah memberikan bantuan berupa paket sembako untuk korban bencana angin puting beliung di Desa Tritih Wetan.

Selain dengan PMI, kata dia, pihaknya juga bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cilacap dan instansi lainnya dalam hal penanganan bencana.

"Kalau misalnya (jumlah korban) kurang dari lima keluarga, kita atasi sendiri bantuannya. Tapi kalau sudah lebih dari itu, kita serahkan kepada PMI Kabupaten Cilacap," katanya.

Berdasarkan data, wilayah Desa Tritih Wetan selama bulan Januari diterjang angin puting beliung hingga dua kali, yakni pada Kamis (18/1) dan Sabtu (27/1).

Baca juga: Pemkab Bondowoso siapkan tempat pengungsian bagi korban puting beliung

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024