Langkah ini diharapkan dapat memberikan dampak positif yang signifikan pada upaya penanggulangan kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat melalui zakat
Jakarta (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI bersama Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIKOM) Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah memperkuat sinergi untuk mengoptimalkan dakwah zakat untuk pemberdayaan dan literasi masyarakat.

"Ini sangat penting terutama untuk mengoptimalkan dakwah zakat, juga untuk pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang terlibat dalam penyampaian informasi tentang zakat," ujar Pimpinan BAZNAS RI Bidang Pengumpulan Rizaludin Kurniawan dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Baznas Kaltim menargetkan pengumpulan zakat hingga Rp20 miliar

Rizaludin berharap kerja sama yang akan dijalani ini dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam upaya pengentasan kemiskinan melalui pemberdayaan masyarakat dan peningkatan pemahaman akan zakat di tengah masyarakat.

Pimpinan BAZNAS RI Bidang Koordinasi Nasional Achmad Sudrajat menyebut kerja sama dengan FDIKOM UIN Jakarta akan memperkuat BAZNAS Institute yang berfokus pada pelatihan, sertifikasi amil zakat, serta riset.

"Langkah ini diharapkan dapat memberikan dampak positif yang signifikan pada upaya penanggulangan kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat melalui zakat," kata Achmad.

Baca juga: Menko PMK terima penghargaan tokoh pemberdayaan dari Rumah Zakat

Sementara itu, Dekan FDIKOM UIN Syarif Hidayatullah Gun Gun Heryanto menyampaikan banyak program-program BAZNAS yang beririsan dengan FDIKOM UIN Syarif Hidayatullah.

"Sebagai institusi pendidikan tinggi, dalam hal ini UIN selalu mengedepankan kolaborasi-kolaborasi yang saling menguatkan," ujarnya.

Gun Gun berharap kerja sama BAZNAS dan FDIKOM UIN Syarif Hidayatullah nantinya dapat saling menguatkan terutama dalam bidang jurnalistik dan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) sehingga dapat menguatkan komunikasi yang tepat guna dan tepat sasaran.

Baca juga: Dubes Iwan sabet penghargaan Happiness Award Rumah Zakat

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024