Jakarta (ANTARA) - Ganda putri Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto menyempurnakan kemenangan tim putri Indonesia menjadi Hong Kong 4-0 pada pertandingan kedua fase grup Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia (BATC) 2024 di Selangor, Malaysia, Kamis.

Lanny/Ribka menang atas pasangan Lui Lok Lok/Ng Wing Yung melalui rubber game ketat, 17-21, 21-15, 24-22.

“Pada awal pertandingan kami mengikuti pola lawan. Kami lebih banyak bermain satu-satu. Selain itu juga banyak melakukan kesalahan sendiri. Wajar kalau kami kalah di gim pertama,” kata Ribka dalam keterangan singkat PP PBSI di Jakarta, Kamis.

Pada gim kedua, Lanny/Ribka  mencoba bermain dengan pola sendiri dan lebih percaya diri. Hasilnya, pasangan Indonesia itu mengumpulkan angka demi angka, hingga memaksa gim ketiga dimainkan.

Baca juga: Ester pastikan tempat Indonesia pada perempat final BATC 2024

“Pada gim ketiga, memang menjadi lebih ketat. Kami sempat mengendurkan serangan dan juga kehilangan fokus. Namun di poin-poin kritis kami bisa kembali fokus dan bisa mengambil kemenangan," kata Ribka.

Lanny/Ribka sebenarnya percaya  diri setelah tim putri Indonesia memastikan maju  babak perempat final BATC 2024 setelah unggul 3-0 dari Hong Kong dalam fase Grup X.

Pasangan ganda putri peringkat 30 dunia itu merasa termotivasi untuk menyempurnakan hasil itu.

“Sebelum kami bertanding, Indonesia sudah unggul 3-0. Hal ini membuat kami lebih percaya diri. Setelah teman-teman sebelumnya bisa mendapat poin, kami juga tidak mau kalah menyumbangkan poin,” kata Ribka.

Untuk menghadapi partai delapan besar, Lanny/Ribka berjanji untuk  mengevaluasi permainannya dalam dua pertandingan fase grup agar lebih matang saat menghadapi lawan.

Baca juga: Ana/Tiwi persembahkan poin kedua Indonesia dalam BATC 2024

“Kemenangan ini semoga bisa menjadi bekal kami untuk menghadapi pertandingan perempat final besok. Namun, masih banyak yang harus diperbaiki, yang utama jangan banyak melakukan kesalahan sendiri,” kata Lanny.

“Komunikasi di tengah lapangan pun harus ditingkatkan dan jangan mudah terpancing dengan pola yang dikembangkan lawan. Kami harus bisa bermain dengan pola permainan kami sendiri saja," kata dia, lagi.

Tim bulu tangkis putra Indonesia juga akan melakoni pertandingan fase grup terakhir hari ini melawan tim putra Korea Selatan.

Chico Aura Dwi Wardoyo, Alwi Farhan, dan Yohanes Saut Marcellyno bermain dalam nomor tunggal, sedangkan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri dan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin pada ganda putra.

Baca juga: Kepercayaan diri Putri bawa Indonesia raih poin pertama dari Hong Kong

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2024