Sadari aku bosan, bisa enggak ya mengatasi rasa bosan ini mungkin dengan membuat satu variasi.
Jakarta (ANTARA) - Dokter spesialis jiwa di RSUD Tarakan Jakarta dr Zulvia Syarif SpKJ mengatakan memasang foto idola K-pop kesukaan hingga mengambil rute berbeda ke kantor bisa menjadi cara mengatasi bosan di tempat kerja.

"Mungkin di tempat kerja, bisa pasang musik, pasang beberapa benda yang membuat merasa nyaman, foto idola K-pop siapa tahu bisa memberi semangat," kata dia, dalam seminar daring yang dipantau di Jakarta, Jumat.

Menurut Zulvia, seorang pegawai bisa merasa bosan di tempat kerja, salah satunya karena menjalani rutinitas yang sama setiap saat, ditambah pekerjaan yang monoton.

Lalu, ketika dia menyadari dirinya bosan maka alih-alih pindah tempat kerja, Zulvia menyarankan sang pegawai untuk mencoba membuat variasi sesederhana memasang foto idola K-pop kesukaan di atas meja kerja.

"Sadari aku bosan, bisa enggak ya mengatasi rasa bosan ini mungkin dengan membuat satu variasi. Jangan langsung pindah kerja," ujar Zulvia.

Tetapi, kata dia lagi, apabila cara ini sudah dilakukan dan rasa bosan tak kunjung hilang, maka bisa jadi seseorang perlu rehat atau cuti bekerja.

"Maybe you need take a break, jangan-jangan butuh cuti. Break aja dulu," kata dia lagi.

Menurut Zulvia, seorang pegawai yang merasa bosan di tempat kerja, juga mungkin bisa mencoba berbicara dengan atasan misalnya meminta rotasi ke pekerjaan lain. Apabila cara ini masih belum juga mengenyahkan rasa bosan, maka pikirkan kemungkinan yang lain.

Dia menambahkan, dalam konteks kesehatan mental khususnya di tempat kerja, ada yang disebut burn out atau kondisi stres kronik yang dialami pekerja. Biasanya kondisi ini ditandai dengan dirinya yang merasa lelah sepanjang waktu lalu ada demotivasi, sehingga tidak memiliki gairah untuk berangkat kerja dan produktivitas menurun.

"Misalnya biasanya dapat mengerjakan sekian pekerjaan dan selalu on time sesuai deadline, sekarang hanya sedikit yang bisa diselesaikan atau deadline-nya mundur," kata dia pula.

Tanda lainnya, ujar Zulvia, bisa juga sinis terkait aturan atau kebijakan dan lebih mudah marah di tempat kerja, sehingga apabila seseorang merasakan hal ini maka bisa jadi dia sedang tak sehat secara mental.
Baca juga: Cokelat bisa membunuh rasa bosan

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024