Jakarta (ANTARA News) - Kota Jakarta menjadi tujuan  wisata olah raga dunia melalui Jakarta Marathon (Jakmar) 2013 yang bertajuk "Festival City Marathon" di Monas pada 27 Oktober 2013.

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Sapta Nirwandar di Jakarta, Senin, mengatakan Kemenparekraf dan Pemerintah Provinsi DKI bekerjasama dengan promotor Inspiro siap menggelar Mandiri Jakarta Marathon (JakMar) 2013.

"JakMar 2013 yang bertajuk Festival City Marathon ini akan menempatkan Jakarta sebagai destinasi sport tourism dunia," kata Sapta..

Sapta yang juga merupakan inisiator Jakarta Marathon itu menambahkan, sejak dibuka secara resmi pendaftaran JakMar 2013 di Sport & Running Expo Paris Marathon, Prancis pada 4 April 2013 lalu,tercatat sudah ada 750 pendaftar dari 38 negara di antaranya para pelari elit dunia antara lain dari United Kingdom, Kenya, Ethiopia, Jepang, Australia dan Perancis.

Mereka  akan berlomba dalam Mandiri Jakarta Marathon 2013 yang berhadiah total senilai Rp2,5 miliar.

"Jakarta Marathon 2013 menjadi perhatian para pelari dunia. Hingga saat ini sudah ada 5.500 pelari yang mendaftar," kata Sapta.

Rute Jakarta Marathon 2013 sepanjang 42,195 km dirancang sedemikian rupa sehingga para peserta lomba akan dibawa berwisata menikmati keindahan kota Jakarta dengan menyusuri sudut-sudut keanggunan situs peninggalan sejarah, bangunan dan museum bersejarah, serta deretan kemegahan bangunan Jakarta masa kini.

Rute dimulai dari start di Silang Monas Barat Daya-Jl. Budi Kemuliaan-Jl. Abdul Muis-Jl. Majapahit -Jl. Gajah Mada- Jl. Pintu Besar Selatan- Kawasan Kota Tua -Jl. Hayam Wuruk-Jl. Juanda- melewati Gedung Kesenian Jakarta - PT Pos Indonesia-Gereja Katedral-Masjid Istiqlal-Jl. Veteran.

Kemudian Jl. Majapahit- Jl. Medan Merdeka Barat-Jl. MH. Thamrin -Bundaran HI- Jl. Imam Bonjol-Jl. HR. Rasuna Said-Jl. Gatot Subroto-Jl. Asia Afrika-Jl. Hang Tuah-Jl. Sisingamangaraja- Jl. Jend. Sudirman-Jl. MH. Thamrin, dan berakhir finish di Silang Monas Barat Daya.

Dalam ajang Mandiri Jakarta Marathon 2013 dilombakan lima nomor lari yakni; Full Marathon 42,195 km,  Half Marathon 21 km, 10K (10 km), 5K (5 km), dan Marathoonz (Childrens Sprint) 1,3 km.

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013