Jakarta (ANTARA) - Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan program Sembako Murah bertujuan membantu warga setempat untuk memenuhi kebutuhan hidup jelang Ramadhan 1445 Hijriah.

"Menjelang puasa kami akan terus adakan kegiatan ini dan sudah ada jadwalnya di lima wilayah untuk membantu masyarakat agar bisa membeli sembako murah," kata Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono di Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan seribu paket sembako disiapkan bagi masyarakat Kecamatan Cilincing pada Rabu ini dengan harga Rp100 ribu per paket.

Ia mengatakan Sembako Murah dijual kepada warga seharga Rp100 ribu yang terdiri beras seberat lima kilogram (Kg), gula pasir satu Kg, tepung terigu satu Kg dan minyak goreng dua liter.

Selain paket sembako murah, juga disediakan komoditas lainnya seperti telor, mie instan, daging sapi, ikan dan ayam.

Baca juga: Pemprov DKI sebar seribu paket sembako murah di Cilincing Jakut

Sementara itu, Camat Cilincing Depika Romadi mengatakan bahwa seribu paket sembako disediakan untuk warga masyarakat Cilincing yang mayoritas nelayan.

Ia berharap sembako murah ini bisa meringankan beban dan membantu kebutuhan pokok masyarakat khususnya nelayan.

"Kondisinya lagi angin barat yang membuat nelayan sedang kesulitan mencari ikan di laut," katanya.

Seorang warga RT 013 RW 01 Kelurahan Kalibaru, Faizal mengaku senang dengan pelaksanaan kegiatan pasar sembako murah di Kantor Camat Cilincing Jakarta Utara.

"Alhamdulillah ada penurunan harga paket sembako yang semula Rp135 ribu menjadi Rp100 ribu. Ini sangat membantu kami para nelayan, kalau bisa lebih sering diadakan," kata dia.

Baca juga: Jelang Ramadhan, warga DKI diminta tak panik karena stok pangan aman

Sebelumnya, Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim mengatakan Pemerintah Kota Jakarta Utara terus menggelar program sembako murah untuk menekan angka inflasi di daerah setempat dan membantu masyarakat memenuhi kebutuhan menyambut Ramadhan 1445 Hijriah.

"Tujuannya untuk menekan inflasi di Jakarta dan bagi masyarakat bisa mendapat ketersediaan bahan pokok dengan harga terjangkau," kata Wali Kota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim di Jakarta, Jumat (16/2).

Ali menyebut program sembako murah bertujuan menekan inflasi sekaligus menyediakan ketersediaan bahan pokok bagi masyarakat dengan harga murah menjelang Ramadhan hingga Idul Fitri nanti.

Ia juga memastikan program sembako murah di Jakarta Utara akan berlangsung sampai menjelang Idul Fitri nanti.

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024