Kami sudah bersurat sejak September 2023, cuma kami belum mendapat laporan apakah sudah ditindaklanjuti
Jakarta (ANTARA) - Kelurahan Tomang mengaku sudah menginformasikan perihal jembatan penyeberangan orang (JPO) di dekat persimpangan Jalan Kyai Tapa dan Jalan Tanjung Gedong, Grogol Petamburan, Jakarta Barat yang jebol pada bagian bawahnya.

"Kami memang sudah amati sejak September 2023 memang ada kerusakan di JPO ini. Kami sudah bersurat ke pihak Bina Marga, menurut informasi dari Kasatpel Bina Marga kecamatan (Grogol Petamburan) sudah diperbaiki tadi malam," kata Lurah Tomang, M. Supratmansaat ditemui di lokasi, Kamis.

Supratman mengaku pihaknya belum menerima laporan tindak lanjut surat yang dikirim kepada pihak Bina Marga tersebut.

"Kami sudah bersurat sejak September 2023, cuma kami belum mendapat laporan apakah sudah ditindaklanjuti," kata dia.

Lebih lanjut, saat memantau lokasi pada Kamis sekira pukul 13.30 WIB, ia mengaku baru saja menerima informasi dari pihak Kecamatan Grogol Petamburan bahwa JPO jebol tersebut sudah ditambal.

"Baru dapat informasi dari pihak kecamatan bahwa sehubungan dengan viralnya JPO di Kyai Tapa ini, saya klarifikasi ke Kasatpel Bina Marga bahwa tadi malam sudah diperbaiki, selesai," kata dia.

Selanjutnya, mengenai lampu JPO yang redup, pihaknya akan kembali bersurat ke pihak Bina Marga agar segera diperbaiki.

"Mungkin kami akan bersurat lagi untuk koordinasi dengan Sudin Bina Marga Jakbar untuk permohonan penerangan JPO, agar masyarakat pengguna aman dan nyaman saat melintasi JPO," pungkas Supratman.

Lantai Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di dekat persimpangan Jalan Kyai Tapa dan Jalan Tanjung Gedong, Grogol Petamburan, Jakarta Barat yang sempat jebol namun kini telah diperbaiki, Kamis (14/3/2024). ANTARA/Risky Syukur
Di lokasi, lantai JPO jebol sekitar satu meter setelah anak tangga terakhir dari sisi JPO bagian kiri (dari arah Roxy Square).

Nampak lantai JPO yang jebol sudah ditambal dengan semen dan ditutupi oleh tripleks yang disanggah oleh sebatang kayu. Kayu tersebut dililit pita kuning-hitam, penanda lantai JPO tersebut baru saja diperbaiki.

Adapun tangga JPO, baik tangga dari sebelah kanan atau pun tangga dari sebelah kiri jalan terlihat retak di mana-mana. Selain itu, bekas campuran semen beserta karung dan peralatan lain masih ada di bagian bawah JPO.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada konfirmasi dari pihak Sudin Bina Marga Jakarta Barat.
Baca juga: Pemprov DKI bangun empat JPO di Jakarta bernuansa moderen pada 2024
Baca juga: Kementerian PUPR selesaikan pembangunan JPO ke Stadion JIS Jakarta
Baca juga: MRT koordinasi Dishub rekayasa lalin terkait pembongkaran JPO Thamrin


Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024