Banda Aceh (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Aceh dan Pemerintah Kota Banda Aceh berkolaborasi menyelenggarakan agenda tahunan Aceh Ramadhan Festival (Famfest) 2024 mulai 28 Maret hingga 1 April mendatang di Masjid Raya Baiturrahman.

Pj Wali Kota Banda Aceh Amiruddin, Selasa, mengatakan Aceh Ramadhan Festival 2024 merupakan bentuk kolaborasi Pemprov Aceh dengan Pemkot Banda Aceh dalam upaya hal melestarikan tradisi dan budaya yang menggambarkan citra Aceh sebagai daerah Serambi Mekkah.

“Hadirnya Aceh Ramadhan Festival 2024 adalah sebuah kolaborasi hebat antara kedua pemerintah untuk memperkenalkan Aceh sebagai destinasi wisata unggulan di Indonesia. Untuk itu, mari beri dukungan yang bagus untuk event ini,” kata Amiruddin di Banda Aceh.

Saban tahun, Aceh Ramadhan Festival menyuguhkan sejumlah kuliner khas Aceh serta memperkenalkan keunikan tradisi budaya otentik masyarakat di daerah Tanah Rencong itu yang berlangsung di pelataran Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh.

Baca juga: Disbudpar Aceh gelar Ramadhan Festival di Masjid Raya Baiturrahman

Baca juga: Pesantren kilat Aceh Ramadhan Festival kenalkan Wisata Islami


Kali ini, ajang ini mengusung tema “Immerse Yourself Into The Spiritual Journey in Serambi Mecca”, yang digagas Pemprov Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh.

Dijadwalkan akan hadir Pj Gubernur Aceh Bustami Hamzah dan Pj Wali Kota Banda Aceh Amiruddin saat pembukaan, serta juga dijadwalkan hadiri Menparekraf RI Sandiaga Uno pada saat penutupan.

Selain Kirab Ramadhan, acara yang berlangsung selama lima hari itu juga dihibur oleh beragam kegiatan menarik, seperti Ngabuburit di Gampong Ramadhan, Eksibisi Dalael Khairat (Dzikir Ramadhan), Khauri Peutamat Daroh, Khauri Kanji (berbagi bubur takjil khas Aceh), dan pameran UMKM.

Sebelumnya, Kemenparekraf RI resmi menetapkan 110 ajang unggulan tahun ini yang dirangkum dalam Karisma Event Nusantara (KEN) 2024. Tiga di antaranya berasal dari Aceh yakni Sabang Marine Festival (SMF), Aceh Ramadhan Festival (Ramfest) dan Aceh Perkusi.

Kepala Disbudpar Aceh Almuniza Kamal menilai masuknya tiga agenda unggulan wisata dan budaya Aceh itu merupakan hasil inovasi, adaptasi dan kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat.

“Alhamdulillah, tahun ini tiga event unggulan budaya dan wisata Aceh kita kembali masuk 110 event KEN 2024, ada Sabang Marine Festival, Aceh Ramadhan Festival dan Aceh Perkusi,” katanya.*

Baca juga: Panitia Festival Ramadhan Aceh gratiskan 100 takjil setiap hari

Baca juga: Pemerintah Aceh gelar Festival Ramadhan 2019

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2024