Bagaimana rumusan sebagai orang tua cara mendidik anak yang baik dengan kondisi saat ini, menjadi pekerjaan rumah bagi para perkumpulan kader PPKBD Jawa Tengah
Jakarta (ANTARA) - Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo mengajak para kader Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD) untuk mengajarkan pola asuh pada anak yang sesuai dengan zaman.

"Saat ini permasalahan mendasar keluarga adalah perihal kedekatan anak dan orang tua, dimana kedekatan saat ini tidak seperti dulu, yang mana orang tua mampu mentransfer nilai-nilai luhur karena kedekatan, terlebih setelah adanya ponsel pintar yang membuat seolah dunia anak hanya ada di genggaman saja," ujarnya dalam keterangan resmi di Jakarta, Rabu.

Hal tersebut disampaikan saat audiensi perkumpulan kader PPKBD Provinsi Jawa Tengah di Kota Semarang pada Senin (25/3).

Baca juga: BKKBN: Kader KB berperan ubah pola asuh keluarga untuk cegah stunting

Ia juga mengingatkan problematika remaja saat ini tentu sudah banyak berubah dibandingkan remaja pada masa generasi 90-an atau di awal 2000, sehingga kader PPKBD memiliki peran penting untuk mengedukasi orang tua tentang cara mendidik anak dengan baik.

"Bagaimana rumusan sebagai orang tua cara mendidik anak yang baik dengan kondisi saat ini, menjadi pekerjaan rumah bagi para perkumpulan kader PPKBD Jawa Tengah," ucapnya.

Menurutnya, pola asuh beririsan dengan kasus stunting dan kesehatan reproduksi remaja. Penyebab tingginya stunting di Jawa Tengah, menurutnya, akibat pola asuh yang buruk.

Baca juga: Pola asuh pengaruhi kerentanan anak terpapar penyakit
Baca juga: BKKBN: Perilaku anak adalah cerminan pola asuh keluarga


 

Pewarta: Lintang Budiyanti Prameswari
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024