Jakarta (ANTARA) - Seiring dengan perkembangan teknologi dan tren digitalisasi yang semakin merambah ke berbagai aspek kehidupan, tradisi menyambut Hari Raya Idul Fitri dengan mengirimkan ucapan Lebaran kini juga mulai mengalami pergeseran medium.

Jika dulu kebiasaan tersebut dilakukan melalui kartu ucapan fisik atau pesan teks sederhana, kini, masyarakat mulai menggunakan berbagai aplikasi dan platform digital untuk menyampaikan salam Lebaran mereka.

Dengan kehadiran beragam aplikasi tersebut, proses pembuatan ucapan Lebaran pun menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

Baca juga: vWhatsApp bagi enam rekomendasi ucapan Lebaran untuk orang tersayang

Baca juga: Kartu Lebaran masih jadi pilihan ucapan selamat


Tidak hanya memungkinkan untuk menambahkan teks sederhana, namun aplikasi-aplikasi tersebut juga menawarkan fitur-fitur desain yang memungkinkan pengguna untuk menciptakan ucapan yang unik dan menarik.

Salah satu aplikasi yang populer dalam hal ini adalah Canva, platform desain grafis yang menyediakan berbagai template desain ucapan Lebaran yang dapat disesuaikan dengan selera pengguna.

Dari mulai pemilihan font teks, warna, stiker, hingga penambahan elemen dekoratif, Canva memungkinkan pengguna untuk berekspresi secara kreatif dalam pembuatan ucapan Lebaran mereka.

Selanjutnya ada aplikasi PicsArt yang juga bisa menjadi pilihan dengan beragam fitur desain yang mudah digunakan. Pengguna dapat mengekspresikan kebahagiaan pada momen Lebaran melalui berbagai kreasi.

Dengan fitur edit foto, pengguna dapat menggabungkan gambar-gambar bernuansa Lebaran maupun elemen-elemen khas Idul Fitri lainnya untuk menciptakan ucapan Lebaran yang menarik dan penuh warna. Selain itu, tersedia juga berbagai filter dan efek yang dapat digunakan.

PicsArt juga menawarkan beragam template, stiker, teks, dan alat gambar lainnya yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan sentuhan personal pada ucapan Lebaran mereka.

Dengan fitur kolase, pengguna juga dapat menggabungkan beberapa foto menjadi satu gambar, lalu menambahkannya dengan pesan Lebaran yang menyentuh.

Terakhir adalah aplikasi Pembuat Kartu Undangan Greetings Island. Aplikasi ini memberikan pilihan inspirasi dan ragam template, yang semuanya dapat dikustomisasi dengan mudah.

Terdapat berbagai fitur yang bisa digunakan, mulai dari alat mengedit teks, menambahkan foto, mengubah font, membuat tipografi hingga pilihan kombinasi warna yang unik yang dapat disesuaikan dengan suasana hati.

Melalui sederet aplikasi tersebut, masyarakat dapat menyampaikan ucapan Lebaran mereka dengan cara yang lebih menarik kepada keluarga, teman, dan kerabat. Selamat merayakan Idul Fitri!

Baca juga: Ingin buat ucapan Lebaran yang menarik? ini lima aplikasinya

Baca juga: Deretan "twibbon" unik dan gratis untuk foto profil Lebaran 2023

 

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024