Hal ini terjadi karena stabilnya perkiraan penghasilan dalam enam bulan mendatang
Bandarlampung, Lampung (ANTARA) - Bank Indonesia (BI) menyebutkan bahwa persepsi konsumen tetap optimistis terhadap kinerja perekonomian Lampung dalam enam bulan ke depan.

"Indeks ekspektasi konsumen yang mencerminkan persepsi konsumen terhadap kinerja perekonomian enam bulan ke depan tepatnya pada September berada pada level optimis," ujar Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Lampung Junanto Herdiawan dalam keterangannya di Bandarlampung, Lampung, Senin.

Ia mengatakan indeks ekspektasi konsumen pada Maret 2024 tercatat sebesar 141,00 atau masih tetap di level optimis, meski lebih rendah dibandingkan periode sebelumnya yang nilainya sebesar 148,83.

"Ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi Lampung tetap positif enam bulan ke depan, hal ini terjadi karena stabilnya perkiraan penghasilan dalam enam bulan mendatang," katanya.

Dia menjelaskan sebanyak 60 persen responden memperkirakan penghasilan akan meningkat, 36 persen responden lainnya memperkirakan penghasilan stabil, 47 persen responden menyatakan penghasilan yang lebih tinggi karena adanya tambahan gaji, dan 26 persen menyatakan akan ada kenaikan pendapatan akibat adanya tambahan pendapatan di luar gaji.

"Di sisi lain, indeks ekspektasi terhadap perkiraan kondisi kegiatan usaha secara umum pada enam bulan yang akan datang tercatat 129,50," ucap dia.
​​​
Ia melanjutkan untuk indeks keyakinan konsumen pada Maret 2024 berada pada level optimis dengan nilai 129,00.

"Optimisme konsumen tersebut tercatat melambat jika dibandingkan Februari dengan nilai 133,08, sedangkan indeks kondisi ekonomi yang mencerminkan persepsi konsumen terhadap kinerja perekonomian saat ini pun masih di level optimis dengan angka 117," tambahnya.

Menurut dia, tetap kuatnya keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini di dukung dari optimisme konsumen terhadap penghasilan saat ini.

"Meskipun optimisme konsumen mengalami penurunan pada ketersediaan lapangan kerja saat ini dan tingkat konsumsi barang tahan lama tapi optimisme konsumen terhadap penghasilan tetap kuat," ucap dia.

Baca juga: BI Lampung terus jaga stabilitas harga pangan jelang Lebaran
Baca juga: BI Lampung optimistis laju inflasi selama 2024 terkendali
Baca juga: BI: Ekonomi Lampung triwulan IV tumbuh semakin kuat

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024