Magelang (ANTARA News) - berbagai ruas jalan menuju Alun-alun Kota Magelang, Jawa Tengah, akan ditutup untuk semua kendaraan bermotor saat malam Tahun Baru 2014 agar memberikan keleluasaan masyarakat merayakan pergantian tahun di pusat kota.

Kepala Kepolisian Resor Magelang Kota AKBP Tommy Aria Dwianto melalui Kepala Subbagian Hubungan Masyarakat AKP Murjito di Magelang, Senin, menjelaskan tentang penerapan "Car Free Night" saat malam pergantian tahun 2013 ke 2014 di alun-alun setempat.

Arus lalu lintas berbagai kendaraan bermotor, katanya, akan dialihkan ke berbagai ruas jalan alternatif mulai Selasa (31/12) malam hingga Rabu (1/1) dini hari.

Ia menjelaskan tentang kesiapan aparat untuk mengatur pengalihan arus kendaraan bermotor di berbagai jalan di kota dengan tiga kecamatan dan 17 kelurahan tersebut.

Setiap malam pergantian tahun, warga berasal dari berbagai tempat baik di Kota maupun Kabupaten Magelang memanfaatkan kesempatan itu untuk merayakannya di Alun-Alun Kota Magelang.

Ia mengatakan bahwa rekayasa arus lalu lintas terkait malam tahun baru, mulai diberlakukan petugas sejak pukul 19.00 WIB hingga 01.00 WIB.

Pihaknya telah menyiapkan berbagai ruas jalan yang menjadi alternatif pengendara melewati Kota Magelang saat malam tahun baru mendatang.

Ia mengatakan petugas juga akan intensif menggelar patroli untuk memantapkan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat saat tahun baru.

Sekitar 280 polisi telah disiapkan untuk menjaga kamtibmas di alun-alun setempat.

Selain itu, petugas juga telah menyiapkan berbagai tempat untuk areal parkir kendaraan masyarakat yang hendak merayakan malam pergantian tahun di Alun-Alun Kota Magelang.

Sejumlah tempat parkir itu, antara lain depan Kantor PLN, Jalan Mayjen Sutoyo, depan Kantor Telkom, depan Kantor PDAM hingga Kantor Pengadilan Negeri, Jalan Tentara Pelajar, dan Jalan Sigaluh.

Pewarta: M. Hari Atmoko
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013