Selamat buat Persipura yang bisa raih poin penuh dipertandingan ini."
Jayapura (ANTARA News) - Klub Persipura Jayapura berhasil mengalahkan tamunya Persela Lamongan dengan skor 3-0 dalam laga perdana Liga Super Indonesia (LSI) di Stadion Mandala Jayapura, Papua, Sabtu.

Tiga gol tuan rumah Persipura berhasil dilesakkan oleh Lukas Mandowen di menit ke 30, adapun gol kedua dan ketiga dicetak oleh Ian Louis Kabes di menit 66 dan menit ke 79.

Jalannya pertandingan di babak pertama begitu seru, karena kedua tim terlihat saling jual beli serangan.

Di kubu tuan rumah, Ian Kabes menjadi motor serangan bersama dua penyerang bertubuh mungil, Lukas Mandowen dan Ferry Pahabol. Sementara di pihak lawan, Lopicic yang menggantikan peran Gustavo Lopez mencoba menyuplai bola ke Zaenal Arif dan Adisin.

Petaka hampir saja terjadi di menit ke lima bagi tuan rumah saat tendangan Taufiq Kasrun di sisi kanan pertahanan Persipura hampir menjobol gawang yang dikawal Yoo Jae Hoon.

Namun, pemain-pemain Persipura terlihat bersabar membangun serangan dari kaki ke kaki, terbukti di menit ke 30, umpan silang Yustinus Pae di sisi kiri pertahanan Persela tidak berhasil dihalau barisan belakang yang dikawal Roman Gulien.

Bola tersebut jatuh di kaki Lukas Mandowen dan diteruskan dengan tendangan menyusur tanah ke arah kanan gawang. Kiper Khoirul Huda tidak mampu menjangkau bola yang masuk dipojok gawang. Kedudukan tetap 1-0 untuk tuan rumah hingga babak pertama usai.

Di babak kedua, Persela minim peluang. Tetapi, anak asuh Jacksen F. Tiago begitu banyak peluang yang tercipta, apa lagi saat Titus Bonay masuk menggantikan Lukas Mandowen. Terbukti akselerasi mantan pemain Semen Padang itu membuat lini depan Persipura lebih hidup.

Umpan silang yang diberikan kepada Ian Kabes dimenit ke 65, akhirnya harus dipotong pemain belakang Persela yang berujung pelanggaran di kotak terlarang, sehingga wasit Muslimin langsung menunjuk titik putih, tanda hukuman pinalti bagi tuan rumah.

Ian Kabes yang menggantikan peran Boaz Salossa sebagai kapten tim tidak menyia-nyiakan peluang tersebut. Tendangan keras ke arah kanan gawang Persela membuat, Mutiara Hitam unggul 2-0 atas anak asuh pelatih Eduard Chong di menit 66.

Di menit 79, Ferry Pahabol di sisi kanan pertahanan Persela berhasil mengirim umpan silang yang langsung disambut Ian Kabes. Kiper Persela Khoirul Huda pun tercengang dengan gol tersebut, dan sempat meluapkan kemarahan kepada rekan-rekannya karena gagal menjaga pemain-pemain Persipura.

Di akhir pertandingan, pelatih Eduard Chong kepada wartawan mengakui keunggulan tuan rumah yang kualitas bermainnya jauh diatas timnnya.

"Selamat buat Persipura yang bisa raih poin penuh dipertandingan ini. Kualitas permainan mereka bagus, tapi saya apresiasi anak-anak Lamongan yang terus memberikan perlawanan," katanya.

Sementara itu, pelatih Persipura Jayapura Jacksen F. Tiago mengaku bangga dengan kerja keras Ian Kabes dan kawan-kawan.

"Selama enam musim saya latih Persipura, ini merupakan kemenangan pertama di awal musim. Memang anak-anak sempat gugup di babak pertama, tapi puji Tuhan kami bisa kuasai permainan dibabak kedua dan cetak gol," katanya.

Dengan kemenangan tersebut, Persipura Jayapura berhasil meraih poin tiga dan menjadi modal bagus untuk menjamu Persepam Madura pada 7 Februari 2014.

Sementara itu, Persela pada 5 Januari 2014 akan dijamu Perseru Serui di Stadion Mandala Jayapura. (*)

Pewarta: Alfian Rumagit
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2014