Jayapura (ANTARA News) - Tim Persipura Jayapura mengalahkan tamunya New Radiant SC dengan 3-0 pada pertandingan Piala AFC di Stadion Mandala, Kota Jayapura, Papua, Selasa sore.

Gol pertama Persipura dicetak oleh kapten tim Ian Louis Kabes dimenit ke-42, setelah wasit Fan Qi asal China menunjuk titik putih karena Titus Bonai dilanggar oleh pemain belakang New Radiant di kotak terlarang.

Mantan pemain timnas U-23 itu berhasil melesakkan bola dipojok kanan gawang tim asal Maladewa itu yang dikawal Mohammed Imran. Kiper bernomor punggung 25 itu sejatinya bisa membaca arah bola hasil tendangan Ian Kabes, tetapi tidak bisa menepis dan bola pun masuk.

Papan skor pun berubah 1-0 untuk keunggulan tuan rumah jelang babak pertama usai. Suporter dan Persipuramania yang memadati stadion Mandala, Kota Jayapura pun bergemuruh.

Dan hingga menit akhir babak pertama dengan pertambahan waktu satu menit, kedua tim tidak lagi menambah gol.

Jalannya pertandingan di 19 menit babak pertama kedua tim saling menjajaki kekuatan masing-masing. Setelah dimenit ke-20, tim tamu mulai melancarkan serangan ke pertahanan Persipura terhitung empat kali pemain belakang Persipura harus jatuh bangun menjaga lini belakang.

Salah satunya, tendangan bebas Akram dari kiri luar pertahanan Persipura yang disambut sundulan rekannya hampir menjebol gawang Yoo Jae Hoon. Tetapi bola sundulan itu masih bisa ditepis dan dibuang jauh kedepan oleh Imanuel Wanggai.

Sementara tuan rumah terhitung memiliki enam peluang emas tetapi tidak menghasilkan gol. Diantaranya dua kali tendangan Ruben Sanadi yang hanya berakhir dalam pelukan kiper New Radiant Mohammed Imran dimenit ke 29 dan 43.

Termasuk tendangan Ian Kabes dimenit ke 37 yang ditangkap kiper Imran, termasuk tendangan dalam kotak pinalti Titus Bonai dimenit ke 39 ditepis pemain belakang tim asal Maladewa itu.

Di babak kedua, tim tamu bermain hanya mengandalkan serangan balik. Dan sesekali melakukan tendangan jarak jauh dari luar kotak pinalti tetapi tidak menghasilkan gol. Di menit ke 54 New Radiant mendapatkan tendangan bebas dari sisi kanan luar pertahanan Persipura tapi tidak menghasilkan gol.

Termasuk tendangan jarak jauh Quartey dimenit ke 84 dan Fasir Ali di menit 90+ masih aman dalam pelukan Yoo Jae Hoon.

Sementara tim tuan rumah yang sudah unggul 1-0 di babak pertama tetap melancarkan serangan ke pertahanan tim tamu. Seperti di menit ke 55, serangan yang dilancarkan lewat umpan silang Yustinus Pae yang disundul Ian Kabes tapi masih tipis di atas mistar gawang New Radiant SC.

Lalu dimenit ke 57 tendangan Ruben Sanadi di sisi kanan pertahanan New Radiant masih dihalau pemain belakang. Kemudian Titus Bonai yang mendapatkan umpan matang di sisi kiri pertahanan tim tamu, yang mana tendangannya masih jauh diatas mistar gawang lawan.

Dimenit ke 61, Imanuel Wanggai yang memanfaatkan umpan matang Ian Louis Kabes disisi kiri pertahanan lawan, berhasil dikonversi menjadi gol. Persipura unggul 2-0. Penonton bersorak.

Berselang tujuh menit, Imanuel Wanggai kembali mencatatkan namanya dipapan skor setelah mencetak gol ketiga untuk timnya. Dan hingga pertambahan waktu tiga menit dibabak kedua. Baik tim tamu dan tim tuan rumah tidak lagi menambah gol. Wasit Fan Wi pun meniup pluit panjang.

Asisten pelatih New Radiant Sc Ismail Anil memberikan selamat kepada Persipura yang tampil baik dan berhasil meraih kemenangan. "Pemain-pemain tengah Persipura tampil baik sehingga serangan balik yang kami peragakan tidak berkembang," katanya.

Sementara pelatih Jacksen F Tiago memberikan apresiasi kepada skuadnya yang tampil luar biasa dengan meraih hasil sempurna. "Tim New Radiant begitu berbahaya. Tetapi anak-anak bermain luar biasa sehingga bisa menghasilkan kemenangan. Hasil ini juga membuktikan bahwa ada campur tangan Tuhan," katanya.

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014