Koba (ANTARA News) - Sebanyak 131 unit rumah warga di Kabupaten Bangka Tengah, Bangka Belitung, kini terendam banjir menyusul curah hujan cukup tinggi sejak Jumat hingga Minggu.

Wakil Bupati Bangka Tengah Patrianusa Sjahrun di Koba, Minggu, mengatakan banjir dengan ketinggian air mencapai satu meter itu melanda dua kecamatan yaitu Koba dan Lubuk Besar.

Ia menjelaskan sebanyak 131 rumah yang terkena banjir yakni Desa Lubuk Besar sebanyak 31 kepala keluarga (KK), Desa Lubuk Pabrik 52 KK, Desa Lubuk Lingkuk 32 KK, dan Desa Kulur Ilir sebanyak 16 KK.

"Korban banjir itu terpisah-pisah yakni di Koba dan Lubuk Besar. Hingga sekarang masih banyak rumah yang terendam banjir," ujarnya.

Sementara tim penanggulangan bencana kata dia sudah dikerahkan ke seluruh titik banjir untuk memberikan pertolongan darurat, terutama evakuasi korban dan pembagian sembako.

"Bantuan penyelamatan juga datang dari Pemprov Bangka Belitung, demikian juga aparat Kepolisian, TNI, Satpol PP terus bahu-membahu membantu korban banjir," ujarnya.

Ia menyatakan, tidak ada laporan korban jiwa dalam bencana alam banjir yang merendam puluhan desa di Koba dan Lubuk Besar itu.

Sementara Kapolsek Lubuk Besar Ipda Yandri C Akip mengatakan, rumah warga yang terkena korban banjir sudah diberikan bantuan berupa sembako, perahu karet, tenda dan sejenisnya.

"Untuk sementara ini sudah kami tanggulangi mereka yang menjadi korban banjir, termasuk upaya evakuasi ke tempat yang lebih aman," ujarnya.

(KR-DSD)



Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2015