Jayapura (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua menyumbang satu unit bus kepada manajemen Persipura Jayapura dengan harapan bisa mengurangi biaya operasional tim dan meningkatkan prestasi pada musim 2015.

"Tadi pagi, kami menerima satu unit bus dari Pemerintah Provinsi Papua," kata Rocky Bebena, Sekretaris Umum Persipura Jayapura di Kota Jayapura, Papua, Rabu tengah malam.

Ia mengemukakan satu unit bus itu diberikan langsung oleh Wakil Gubernur Klemen Tinal kepada Ketua Umum Persipura Jayapura Benhur Tommy Mano yang juga Wali Kota Jayapura.

"Pemberian itu dilakukan di Gedung Sasan Krida oleh Wagub Klemen Tinal kepada Pak Mano," katanya.

Satu unit bus itu, kata Kabag Humas Pemerintah Kota Jayapura itu, lengkap dengan "air conditioner" dengan kapasitas 25 tempat duduk.

"Saya kira bus itu sangat tepat sekali karena jumlah tempat duduknya hampir sama dengan jumlah pemain Persipura," katanya.

Sebelumnya, tim pengoleksi gelar liga Indonesia terbanyak Persipura Jayapura dan PT Freeport Indonesia pada Rabu malam meneken kontrak kerja sama sponsor senilai Rp22 miliar di hadapan masyarakat dan pecinta Mutiara Hitam di Taman Imbi, pusat Kota Jayapura, Papua.

Penandatanganan itu dilakukan oleh Ketua Umum Persipura Jayapura Benhur Tommy Mano dan Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin, juga disaksikan oleh manajer tim Rudi Maswi, empat orang wakil dari pemain Mutiara Hitam Boaz TE Salossa, Ian Louis Kabes, Gerard Pangkali, dan Nelson Alom.

Juru bicara Daisy Primayanti dan sejumlah petinggi perusahaan penghasil emas dan tembaga terbesar di Indonesia itu ikut menyaksikan penandatanganan kontrak tersebut.

Ketua Umum Persipura Jayapura Benhur Tommy Mano dalam sambutannya di hadapan ribuan masyarakat yang hadir dalam acara tersebut memberikan apresiasi kepada PT Freeport yang begitu peduli kepada pembinaan olahraga di tanah Papua, khususnya kepada tim Persipura Jayapura.

"Semoga kerja sama ini bisa terus berlanjut dan setiap tahun nilai kontrak kerjasamanya bisa dinaikkan. Pesipura adalah tim sepak bola yang bisa menyatukan semua pihak di tanah Papua, harapannya masyarakat bisa mendukung kami meraih juara LSI" katanya.

Senada itu, Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin mengatakan pemberian dana untuk tim Persipura Jayapura merupakan bukti komitmen perusahaannya untuk pembinaan olahraga.

"Ini merupakan komitmen Freeport untuk pengembangan olahraga di tanah Papua, khususnya kepada Persipura. Freeport juga telah membangun sport center di Kabupaten Mimika untuk pembinaan atlet di daerah itu," katanya.

Pewarta: Alfian Rumagit
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015