Jayapura (ANTARA News) - Pemain sayap kiri Persipura Jayapura Ronny Esar Beroperay mengaku siap dimainkan jika dipercayakan oleh pelatih Oswaldo Lessa saat timnya menjamu JSW Bengaluru Fc di Stadion Mandala, Kota Jayapura, pada Selasa (10/3) pekan depan.

"Sebagai pemain, saya selalu siap mengkuti semua instruksi pelatih," kata Ronny Esar Beroperay di Kota Jayapura, Papua, Minggu.

Menurut mantan pemain PON Papua itu, kepercayaan yang diberikan oleh pelatih harus bisa diemban dengan penuh tanggungjawab.

"Intinya saya bermain untuk kemenangan tim, itu yang pertama," katanya.

Apa lagi, lanjut Beroperay yang pernah mencicipi juara liga mahasiswa saat berkostum PS Uncen beberapa waktu tahun lalu itu mengatakan sepak bola merupakan permainan kolektif, sehingga kebersamaan dan kekompakkan tim sangat diperlukan dalam meraih kemenangan.

"Yang kedua, sepak bola bukan olahraga individu yah. Otomatis kita harus menjaga kekompakkan tim, lalu semangat bermain dan terakhir komunikasi yang baik saat didalam diluar lapangan dan didalam lapangan," katanya.

Dengan kebersamaan dan kekompakan serta komunikasi yang lancar maka kemenangan pada laga perdana AFC Cup saat melawan tuan rumah Warriors Fc di Singapura pada Februari lalu bisa terwujud.

"Mungkin itu (kekompakkan dan komunikasi) lah yang membuat kami menang pada laga awal AFC Cup pada saat kalahkan Warriors Fc," katanya.

Ketika ditanya menjaga kebugaran tubuh saat Liga Super Indonesia ditunda hingga awal April, mantan pemain Persiram Raja Ampat itu mengatakan selain berlatih bersama tim, ia menambah porsi latihan sendiri dirumah.

"Saya lakukan dengan jogging, latihan naik turun tangga dan berlari ditiap sore, dengan harapan kebugaran tubuh tetap terjaga selain berlatih game dan fisik bersama tim Persipura," katanya.

Pada laga perdana AFC Cup, ketika Persipura berhasil mengalahkan Warriors Fc dengan skor 3-1, pemain sayap kiri lainnya Ruben Sanadi mendapatkan kartu kuning bersama pemain tengah Imanuel Wanggai karena suatu pelanggaran.



Pewarta: Alfian Rumagit
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2015