Medan (ANTARA News) - Arus lalu lintas dari Medan menuju Tebingtinggi dan dari Medan menuju Karo, Provinsi Sumatera Utara, menjelang Natal dan tahun baru, semakin padat.

Pantauan di lapangan, Kamis, kepadatan di jalan Medan-Tebingtinggi sudah terlihat dari mulai Terminal Terpadu Amplas, Kota Medan.

Sementara kepadatan Jalan Medan-Karo sudah terlihat sejak dari kawasan Padang Bulan, Medan.

"Kepadatan dan kemacetan pada hari Kamis, sudah terlihat sejak pukul 10.00 WIB. Libur Maulid dan Natal serta tahun baru membuat warga banyak yang pergi berlibur dan pulang kampung," kata petugas Dishub Sumut di Terminal Amplas Medan S Hutapea.

Menurut dia, kepadatan lalu lintas sudah terjadi sejak Rabu (23/12), namun umumnya kendaraan yang memenuhi badan jalan sebagian besar mobil pribadi.

Kepala Dinas Perhubungan Sumut Anthony Siahaan mengatakan, menyambut Natal 2015 dan Tahun Baru 2016 sudah dipersiapkan sebanyak 49.822 tempat duduk.

Langkah antisipasi jika terjadi lonjakan penumpang menjelang Natal dan tahun baru juga sudah dilakukan.

Menurut dia, armada angkutan tersebut dipersiapkan oleh 90 perusahaan angkutan bus yang selama ini beroperasi di wilayah Sumut.

Selain ketersedian angkutan yang memadai, Dishub Sumut juga sudah memeriksa kelaikan angkutan dan supir.

"Dengan persiapan itu, Dishub yakin jumlah penumpang darat dan termasuk udara,yang diperkirakan naik sekitar 15 persen bisa terlayani dengan baik," katanya.

Pewarta: Evalisa Siregar
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015