Mempawah, Kalimantan Barat (ANTARA News) - Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik (MPR RI) Oesman Sapta Odang melakukan kunjungan kerja sosialisasi empat pilar ke Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat pada Jumat (8/4).

Dalam kunjungan kerja tersebut, Oesman Sapta didampingi Bupati Mempawah, Ria Norsan meninjau sejumlah tempat, antara lain pelabuhan Kijing dan menebar benih ikan di keramba tepi sungai Mempawah.

Sekitar pukul 10.30 WIB helikopter yang membawa Oesman Sapta dari Pontianak mendarat di Lapangan Kantor Bupati Mempawah.

Mengenakan baju krem dan peci, Oesman Sapta disambut Bupati Ria Norsan.

Selanjutnya rombongan langsung bergerak meninjau pelabuhan Kijing di pantai Kijing, Kecamatan Sungai Kunyit. Oesman yang lahir di Provinsi Kalimantan Barat mengaku takjub dengan keindahan pantai Kijing.

"Wah, ini sudah berubah jadi bagus sekali ya," kata Oesman Sapta saat tiba di Pantai Kijing.

"Pelabuhan ini diharapkan menjadi pelabuhan internasional. Menempati luas lahan lebih dari 1000 hektar, groundbreaking pelabuhan direncanakan pada tahun ini diawali dengan tahap pertama pembebasan lahan," kata Bupati Ria Norsan menjelaskan.

Bupati Norsan mengatakan, pembangunan pelabuhan kemudian akan dilanjutkan dengan pengerjaan tahap I oleh Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II .

Setelah itu, rombongan kemudian melanjutkan ke lokasi budi daya ikan tawar di tepi sungai Mempawah. Di tempat ini, Oesman Sapta menebar benih ikan dan pakan.

Di sepanjang sungai Mempawah terdapat sekitar 3.228 keramba dari 246 pembudidaya yang sudah ada sejak tahun 1989, mereka membudidayakan ikan mas, nila, patin, dan lele.

Setelah itu rombongan Wakil Ketua MPR menunaikan shalat Jumat di Masjid Al Falah, Mempawah.

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016