Bandarlampung (ANTARA News) - Kepolisian Daerah Lampung menyiapkan sekitar 52 pos pengamanan guna menunjang kelancaran serta keamanan pemudik yang melintasi Provinsi Lampung.

"Selain pos pengamanan, Polda Lampung juga menyiapkan sekitar 14 pos pelayanan yang tersebar di seluruh provinsi ini," kata Kabid Humas Polda Lampung AKBP Sulistyaningsih di Bandarlampung, Rabu.

Menurut dia, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan berbagai stakeholder guna mendukung kelancaran perayaan Idul Fitri 1437 di wilayah setempat.

"Dalam rangka kesiapan pengamanan arus mudik Idul Fitri, Polda Lampung bersama TNI dan dinas terkait melangsungkan rapat koordinasi," katanya.

Kelancaran arus mudik, katanya, tidak akan selesai dengan satu kesatuan saja melainkan memerlukan peran serta seluruh elemen dan stakeholder di daerah ini.

"Seperti tahun-tahun sebelumnya, kepolisian selalu melaksanakan operasi menjelang hingga sesudah lebaran," kata dia.

Tahun ini, Sulis mengatakan, pihaknya menggelar Operasi Ramadhan dan Idul Fitri Krakatau 2016 yang akan dimulai pada 30 Juni hingga 15 Juli 2016.

"Ini merupakan operasi kemanusiaan. Polda Lampung dan jajaran sekitar 2.200 personel akan disiagakan guna mengawal kelancaran arus mudik Lebaran 2016," katanya.

Tujuan dari pengamanan arus mudik agar aman, nyaman, tertib dan lancar serta penuh khidmat.

"Satu hal lagi, kegiatan ini merupakan salah satu jaminan kepedulian aparat terhadap masyarakat yang hendak melaksanakan lebaran bersama keluarga di kampung halamannya masing-masing," ujarnya.

Dengan adanya rapat koordinasi, semua pihak memahami berbagai permasalahan, gangguan kamtibmas dan beragam ancaman yang kemungkinan terjadi.

Pewarta: T.Subagyo/Agus.S
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016