Manado, Sulawesi Utara (ANTARA News) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca di sebagian besar kabupatan/kota di Sulawesi Utara pada malam pergantian tahun akan diguyur hujan.

"Dari perkiraan kami ada kemungkinan 10 kabupaten kota yang akan dilanda hujan 31 Desember 2016 tepatnya pada malam hari, tujuh diantaranya akan diguyur hingga dini hari," jelas petugas BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi, Manado, Rany Puspita, di Manado, Jumat.

Daerah yang akan dilanda hujan itu di antaranya Kota Manado, Kota Bitung, Kota Tomohon, Kota Kotamobagu, Air Madidi, Tondano, Amurang, Ratahan, Lolak, serta Boroko.

Lanjut dia, selain kota Bitung, Air Madidi, dan Boroko, daerah lainnya akan dilanda hujan hingga dini hari.

Sedangkan pada siang hari semua kabupaten/kota di Sulawesi Utara akan dilanda hujan dengan intensitas ringan.
Untuk Tomohon dan Tondano akan dilanda hujan yang disertai petir.

Sementara itu, berdasarkan pencitraan satelit daerah kondisi cuaca bersahabat pada malam tahun baru atau hanya berawan akan terjadi di Molibagu, Tutuyan, Ondong Siau, Tahuna serta Melongguane.

Pada umumnya suhu udara di wilayah Sulawesi Utara berkisar antara 22-33 derajat Celsius, dengan kelembaban udara antara 70-95 persen. Adapun kecepatan angin hanya 10-20 kilometer perjam.

Pewarta: Fidel Malumbot
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016