Cirebon (ANTARA News) - PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 3 Cirebon, Jawa Barat, menyiagakan petugas untuk menjaga perlintasan kereta api tanpa palang pintu guna meminimalkan kecelakaan.

"Khusus masa angkutan Lebaran 2017 di perlintasan tanpa palang pintu, kita siagakan petugas yang berjumlah 159 orang," kata Vice President Daop 3 Cirebon Rusi Haryono di Cirebon, Kamis.

Disiagakannya petugas tersebut untuk meminimalkan kecelakaan, terutama para pengendara yang melintas di rel kereta tanpa palang pintu.

Di Daop 3 Cirebon terdapat 54 titik perlintasan yang tidak dijaga, namun untuk saat ini semua perlintasn tersebut nantinya akan dijaga oleh petugas ekstra.

Sementara itu Manajer Humas Daop 3 Cirebon Krisbiyantoro mengatakan untuk intensitas perjalanan kereta api pada arus mudik ini meningkat hingga 50 persen.

"Jika sebelumnya jumlah perjalanan kereta ada 94, pada arus mudik ini bertambah sekitar 46 perjalanan kereta api," katanya.

Dia mengimbau kepada masyarakat yang sering melintas di perlintasan tanpa palang pintu, ataupun yang melakukan aktivitas di rel untuk lebih waspada.

Karena pada masa angkutan Lebaran ini intensitas perjalanan kereta api meningkat dan tentunya tidak seperti hari-hari biasanya.

"Masyarakat untuk lebih waspada ketika akan melintasi perlintasan kereta api," ujar Kris.

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017