Jakarta (ANTARA News) - Saban malam tahun baru, banyak tempat yang dipastikan ramai di Jakarta. Apa persiapan Dinas Perhubungan  Provinsi DKI Jakarta mengantisipasi keramaian massa pada perayaan malam tahun baru 2018?.

"Saat malam pergantian tahun, ada 800 personel yang kami terjunkan. Ratusan personel itu akan kami siagakan di sejumlah kawasan, di antaranya Jalan Jenderal Sudirman, Jalan MH Thamrin, dan Jalan Medan Merdeka Selatan," kata Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Sigit Wijatmoko, di Jakarta, Sabtu.

Pada malam perayaan tahun baru nanti, menurut dia, kegiatan akan dipusatkan di kawasan Monas. Berbagai macam acara seni dan hiburan akan digelar di kawasan wisata tersebut untuk memeriahkan malam tahun baru 2018.

"Ratusan personel akan kami siagakan, terutama di kawasan Monas, karena akan menjadi pusat keramaian warga. Akan ada panggung hiburan, bazar serta festival kuliner di situ," ujar dia.

Dia menuturkan, jumlah personel yang akan diterjunkan itu terdiri dari 436 petugas lalu-lintas dan sisanya merupakan petugas mobil derek. Ratusan petugas itu akan ditempatkan di sejumlah titik-titik persimpangan jalan.

"Sementara itu, di tingkat wilayah, kami juga mengerahkan personel Dishub, akan tetapi jumlahnya disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan. Karena fokus penjagaan kami ada di kawasan Monas," tutur Sigit.

Ia menambahkan, pihaknya akan melakukan rekayasa pengaturan lalu lintas pada malam tahun baru, mengingat sebagian ruas Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan MH Thamrin akan digunakan untuk kegiatan bazar dan kuliner.

"Di sepanjang kawasan Sudirman hingga Thamrin nantinya akan kami lakukan rekayasa pengaturan lalu lintas, sesuai dengan eskalasi dan kontingensi keadaan. Kami sudah siapkan pengaturannya," kata dia.

Pewarta: Cornea Khairany
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017